Breaking News:

ZA Jarang Keluar Rumah

Gang ini merupakan tempat tinggal Zakiah Aini (ZA), perempuan yang melakukan aksi teror di Mabes Polri

Tribun Medan/HO
Zakiah Aini Pelaku penyerangan Mabes Polri, Rabu (31/3/2021) sore. 

JAKARTA - Gang Taqwa yang berada di Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur, sepi, Senin (5/4/2021).Gang ini merupakan tempat tinggal Zakiah Aini (ZA), perempuan yang melakukan aksi teror di Mabes Polri, Rabu (31/3/2021) pekan lalu.

Rumah Zakiah hanya berjarak sekitar 350 meter dari mulut Gang Taqwa yang lokasinya berada tepat di pinggir Jalan Raya Lapangan Tembak - Cibubur. Berdasarkan pengamatan Tribun Network, Gang Taqwa terlihat minim aktivitas masyarakat.Sepanjang jalan dari mulut gang sampai ke rumah Zakiah sangat sepi, setidaknya sejak sekira pukul 13.00-15.40 WIB. Sebagian besar rumah warga di Gang Taqwa terlihat tertutup dengan lampu dimatikan.

Hanya segelintir warga yang melakukan aktivitas di luar rumah. Seperti pedagang kelontong, pedagang keliling, serta anak-anak yang sesekali berlarian di jalanan. Rumah ZA juga terlihat tertutup. Lampu dimatikan, dua motor  matic dan satu sepeda dibiarkan terparkir di beranda rumah bercat serba putih itu.

Ibu ZA beberapa kali keluar rumah, hanya saja langsung mengindari awak Tribun Network yang hendak meminta keterangan."Maaf mas, saya enggak berani (memberi keterangan), sudah sama polisi saja. Saya takut salah ngomong," ucap orang tua Zakiah kepada Tribun Network seraya menutup pintu rumahnya.

Sebagai informasi, Tribun Network sebenarnya kesulitan menggali informasi mengenai sosok ZA di tempat tinggalnya. Sebagian besar warga menghindar atau bahkan menolak memberikan keterangan.

Jarang keluar rumah

ZA dikenal sebagai pribadi yang ramah oleh kebanyakan warga di tempat tinggalnya. Seorang warga mengungkapkan, ZA sudah tinggal di Gang Taqwa selama bertahun-tahun bersama kedua orang tuanya, M. Ali dan Sutini. "Sejak kecil emang sudah di sini. Iya sama orang tuanya di sini," ucap warga yang engga disebutkan namanya kepada Tribun Network, di Gang Taqwa, Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur, Senin (5/4/2021).

ZA, kata warga tersebut, jarang keluar rumah. "Anaknya (ZA) emang jarang keluar rumah. Saya jualan di sini dari Januari saja belum pernah anaknya ke sini," tutur dia. Sepengetahuan warga tersebut, ZA hanya keluar rumah di jam-jam tertentu. Biasanya saat hendak menunaikan shalat. "Biasanya keluar kalau waktu shalat saja sih. Tapi ini sepengetahuan saya saja," ujar dia.

Selain itu, lanjut dia, ZA terkadang menunaikan shalat pada salah satu mushalla yang ada di Gang Taqwa. "Kadang-kadang anaknya shalat di mushalla sana. Ramah, kalau papasan pasti negur," tutur dia.

Kerap jaga warung

Doni, bukan nama sebenarnya, mengungkapkan hal serupa tentang ZA. Menurut Doni yang sudah puluhan tahun tinggal di Gang Taqwa, ZA sangat jarang keluar rumah."Selama puluhan tahun saya di sini sih emang saya lihat anaknya jarang keluar rumah," ungkap Doni kemarin.

Rumah Doni hanya berjarak sekira 50 meter dari kediaman ZA. Sejauh yang diketahui Doni, ZA adalah pribadi yang ramah dan tidak banyak bicara. ZA juga adalah sosok yang berbakti pada kedua orang tuanya. Hal itu diutarakan Doni lantaran sering melihat ZA membantu kedua orangtuanya menjaga warung."Anaknya ramah, baik, tapi engga banyak bicara. Anaknya juga rajin berbakti, sering bantu orang tuanya jaga warung," tutur Doni. (tribun network/lucius genik)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved