Breaking News:

Lifestyle

Benarkah Kopi Bisa Menghambat Pertumbuhan Anak-Anak? Cari Tahu Faktanya

Belum ada jawaban yang bisa membenarkan persepsi atau bisa dikatakan gagasan ini, karena kafein bagi tubuh selain mengandung manfaat dan mudharat.

Pixabay.com
Ilustrasi cara pembuatan kopi 

SERAMBINEWS.COM - Banyak pendapat mengenai bahaya dan manfaat kopi bagi tubuh, salah satunya adanya persepsi bahwa meminum kopi bisa menghambat pertumbuhan anak.

Belum ada jawaban yang bisa membenarkan persepsi atau bisa dikatakan gagasan ini, karena kafein bagi tubuh selain mengandung manfaat, tidak luput pula dari mudharat.

Mengutip dari livescience.com, Rabu (7/4/2021) salah satu alasan mengapa kopi tidak diberikan kepada anak-anak karena adanya kepercayaan bahwa minuman berkafein dapat menghambat pertumbuhan anak-anak.

Namun, apakah ada benarnya gagasan ini?

Jawabannya adalah "tidak" karena tidak ada bukti bahwa kopi atau kafein menghambat pertumbuhan dan perkembangan masa kanak-kanak.

Sebaliknya, tinggi badan seseorang sebagian besar diatur oleh faktor-faktor lain.

Misalnya, ratusan gen yang diidentifikasi sejauh ini dianggap bertanggung jawab atas sekitar 16% tinggi badan orang dewasa.

Baca juga: Ingin Wajah Bebas dari Keriput, Berikut Tips dan Cara Perawatan Cegah Kerutan Wajah

Kesehatan anak berperan.

Misalnya, infeksi pada tulang selama masa bayi dapat memperlambat penyerapan nutrisi dan pertumbuhan tulang, seperti yang ditunjukkan oleh sejumlah penelitian berbeda.

Selain itu, seorang anak memiliki kebutuhan makanan seperti susu, selama tahun-tahun akan mempengaruhi tinggi badan mereka, seperti halnya pola makan ibu selama kehamilan, menurut penelitian di jurnal Nutrition Research Reviews.

Halaman
123
Penulis: Firdha Ustin
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved