Breaking News:

Sarkawi Minta Camat Persiapkan Pilkades 2021

Sekitar 41 reje (kepala desa) di Kabupaten Bener Meriah sudah habis masa jabatan pada tahun 2021

SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi menghadiri pengukuhan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Bener Meriah Periode 2020-2025 di Gedung Gors Simpang Tiga Redelong, Selasa (6/4/2021). 

REDELONG - Sekitar 41 reje (kepala desa) di Kabupaten Bener Meriah sudah habis masa jabatan pada tahun 2021. Oleh karena itu, Bupati Bener Meriah, Tgk H Sarkawi meminta para camat untuk memonitoring dan mempersiapkan pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahap III di Kabupaten Bener Meriah pada tahun ini. 

Hal itu disampaikan Bupati saat pidato sambutan dan pengukuhan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bener Meriah periode 2020-2025 di Gedung Gors Simpang Tiga Redelong, Selasa (6/4/2021).

“Kabupaten Bener Meriah sudah pernah melaksanakan dua kali pilkades. Dalam aturan undang-undang, pilkades hanya boleh dilakukan 3 kali dalam 5 tahun. Karena itu, pilkades serentak tahun 2021 di Bener Meriah yang merupakan tahap ke III akan dilakukan serentak untuk 41 kampung/desa di tahun 2021,” terang Bupati.

Bupati mengharapkan kepada para camat yang hadir pada acara tersebut untuk mempersiapkan dan memonitor 41 desa yang akan melakukan pilkades serentak. Termasuk mempersiapkan bedel bagi pengganti reje yang masa jabatannya sudah habis. “Bedel ini adalah reje transisi sampai telah ditetapkan reje hasil pilkades,” jelas Bupati.

Bupati mengingatkan kepada camat bahwa dalam penunjukan bedel atau reje transisi ini haruslah bedel yang cakap, netral, dan demokratis dalam masa pemilihan pilkades nantinya. “Jangan bedel yang partisan. Melainkan yang mandiri, yang menjalankan proses pilkades secara netral, bisa melindungi dan mengayomi semua yang ada di kampungnya,” kata Bupati.

Bupati juga menegaskan jangan sampai penunjukan bedel yang mempunyai kedekatan khusus kepada calon-calon reje yang ikut pilkades. “Hal ini penting diperhatikan. Jangan sampai dalam pilkades terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama” tegas Bupati.

Bupati juga menyampaikan, jangan sampai ditunjuk bedel yang mengambil kesempatan dalam masa transisi tersebut untuk keuntungan pribadi. “Harapan kami, camat bisa memonitor hal ini, memanfaatkan dana desa dengan baik, bisa menjalani proses pilkades dengan demokratis, dan melayani masyarakat dengan baik,” pinta Bupati Bener Meriah.

Pada pelantikan tersebut, Zuhra dilantik sebagai Ketua DPC Apdesi Kabupaten Bener Meriah periode 2020-2025. Zuhra dilantik oleh Ketua Dewan Pimpinan Apdesi Aceh Muksalmina. Pengukuhan disaksikan oleh Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi dan Wakil Bupati Dailami.(hbm)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved