Breaking News:

Aceh Tuan Rumah Seleksi Timnas

Asprov PSSI Aceh dipilih menjadi tuan rumah seleksi pemain tim nasional U-16 dan U-19

FOTO KIRIMAN TEUKU IRFAN
Pemain Tim PON Aceh foto bersama PS Bank Aceh usai melakoni pertandingan ujicoba di Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya, petang kemarin. 

BANDA ACEH - Asprov PSSI Aceh dipilih menjadi tuan rumah seleksi pemain tim nasional U-16 dan U-19. Ajang tersebut direncanakan berlangsung di Stadion H Dimurthala, Lampineung, Banda Aceh, Sabtu (10/4/2021) besok.

Dalam seleksi itu, ratusan pemain Aceh harus mampu memperlihatkan kemampuan terbaik di depan tim pelatih. Untuk merekomendasikan pemain itu, PSSI Pusat akan menugaskan mantan bintang Persipura Jayapura, Rully Nere, dan mantan kiper timnas asal Medan, Markus Harison Hihirina.

“Alhamdulillah, pusat memberikan kepercayaan kepada Aceh sebagai lokasi seleksi timnas. Kini, kita sudah menyiapkan segala persiapan untuk itu,” ungkap Ketua Umum PSSI Aceh, Nazir Adam SE MM didampingi Sekretaris I, Muhammad Zakaria, dan Ketua Panitia, Khalid Al-Makmun kepada Serambi, Kamis (8/4/2021) petang disela-sela menyaksikan duel ujicoba Tim PON Aceh versus PS Bank Aceh.

Awalnya, kata Nazir Adam, PSSI Pusat memberitahukan bahwa ratusan pemain Aceh harus mengikuti seleksi timnas di Stadion Gelora Agus Salim Padang, Sumatera Barat. “Mendapat kabar dari Jakarta, kita langsung bergerak. Alhamdulillah, anak-anak kita tak perlu pergi ke Padang,” sebut mantan Ketua PSSI Pidie itu.

Menurutnya, keputusan untuk melobi PSSI Pusat agar seleksi timnas di Aceh didasari oleh sejumlah pertimbangkan. Pemain Aceh harus banyak mengeluarkan biaya untuk terbang ke Padang. Mereka tentu harus membeli tiket pesawat pulang pergi. Lalu, pemain Aceh harus memiliki dana untuk konsumsi dan biaya penginapan selama berada di Padang.

“Kecuali itu, pemain juga harus mengeluarkan biaya untuk rapid antigen pulang-pergi sebagai syarat naik pesawat. Karena pertimbangkan ini, kita meminta pusat agar seleksi timnas lebih baik diselenggarakan di sini,” jelas mantan Wakil Bupati Pidie tersebut.

Keputusan agar seleksi timnas diadakan di Aceh, Nazir Adam secara terbuka mengaku, pihaknya tak ingin anak-anak Aceh kesulitan saat harus pergi ke Padang di tengah pandemi Covid-19. Belum lagi, untuk  berangkat mereka harus memiliki biaya besar seperti buat tiket pesawat, penginapan, konsumsi, dan rapid antigen.

“Kita harus mengerti, saat ini masih pandemi Covid-19, jadi kita PSSI tak mau anak-anak Aceh mengalami kesulitan seperti biaya berangkat ke Padang. Keputusan kita ini semata-mata untuk memberikan kemudahan bagi pemain Aceh,” tegasnya.

Menyusul dipilihnya Aceh sebagai lokasi seleksi timnas, Nazir Adam berharap kepada pemain muda Tanah Rencong untuk mempersiapkan diri secara serius. Boleh jadi, mulai dari kemampuan dan fisik yang bagus untuk diperlihatkan di depan Rully Nere, dan Markus Harison Hihirina.

Kepada pemain yang berasal dari luar Kota Banda Aceh, Nazir Adam meminta mereka agar segera berangkat. Karena, mereka jangan sampai terlambat sehingga akan mengganggu penampilan saat mengikuti seleksi. “Dan tak kalah penting, anak-anak Aceh jangan tidak membawa persyaratan yang diminta oleh PSSI Pusat,” demikian Ketua PSSI Aceh.

Ketua Panitia, Khalid Al-Makmun secara tegas menyatakan, proses seleksi pemain timnas U-16 dan U-19 di Stadion Lampineung sesuai dengan protokol kesehatan (protkes). Karena itu, pemain harus mengikuti semua yang diterapkan oleh panitia.

“Saat datang ke stadion, pemain harus memakai masker. Lalu, cek suhu badan, jaga jarak, dan jangan berkerumun sebelum memasuki lapangan pertandingan. Untuk itu, pemain harus benar-benar mematuhinya,” tegas wasit nasional asal Aceh ini.

Pada sisi lain, Khalid mengharapkan kepada pemain yang datang ke Banda Aceh untuk melengkapi persyaratan sebagaimana saat mendaftar lalu. Sebab, tim administrasi dari PSSI Pusat juga akan mengecek kelengkapan persyaratan pemain seperti KTP, kartu keluarga, dan identitas diri dari yang ikut seleksi.

“Insya Allah, kita sudah siap melaksanakan seleksi pemain timnas. Persiapan seperti lapangan pertandingan, wasit, dan kebutuhan lain sudah disiapkan. Mudah-mudahan, pelaksanaan berlangsung sukses dan pemain Aceh banyak yang lolos seleksi,” pungkasnya.(ran)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved