Breaking News:

Pemkab Sediakan Menu Berbuka dan Sahur Di Masjid Agung Baitul Ghafur

Bulan Ramadhan 1442 Hijriah/2021 Masehi, sudah di depan mata. Berbagai persiapan dilakukan banyak pihak menyambut kedatangan bulan mulia

SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF
Masjid Agung Baitul Ghafur berlokasi di Gampong Seunaloh, Blangpidie, yang berdiri di atas lahan seluas 2,4 hektare diresmikan pada 11 Februari 2020. Kemegahan dan keindahannya menarik perhatian masyarakat sebagai lokasi akad nikah bagi pasangan yang menikah. 

BLANGPIDIE - Bulan Ramadhan 1442 Hijriah/2021 Masehi, sudah di depan mata. Berbagai persiapan dilakukan banyak pihak menyambut kedatangan bulan mulia dan penuh makfi rah tersebut. Satu diantaranya, persiapan menu berbuka puasa. Berbuka puasa merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu, setelah seharian berpuasa.

Untuk meraih berkah, tidak sekit individu, tidak kecuali lembaga pemerintah dan swasta memberikan sedekah menu atau takjil buka puasa selama bulan Ramadhan. Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Dayah (Pemkab Abdya) melalui Dinas Syariat Islam (DSI) dan Pendidikan Dayah, menyediakan menu berbuka dan sahur setiap hari selama Ramadhan tahun ini di Masjid Agung Baitul Ghafur.

Bupati Abdya, Akmal Ibrahim SH, juga Ketua Dewan Penasehat Masjid Agung Baitul Ghafur kepada Serambinews.com, Kamis (8/4/2021) menjelaskan, menu buka puasa dan sahur yang disediakan setiap hari adalah nasi lengkap dengan lauk pauk. Selain paket nasi dan lauk pauk yang anggaran untuk itu sudah tersedia pada DSI dan Pendidikan Dayah Abdya, Akmal Ibrahim secara pribadi juga menyediakan takjil atau snack (minuman dari air tebu dan kue-kue).

“Para musafi r dan masyarakat sekitar masjid kita ajak untuk buka puasa di Masjid Agung Baitul Ghafur, lalu menunaikan shalat berjamaah,” ungkap Akmal Ibrahim. Masyarakat atau siapapun yang berkeinginan memberikan sedekah takjil atau snack untuk berbuka akan diterima pengurus Badan Kemakmuran Masjid Agung Baitu Ghafur.

“Masyarakat yang berkinginan memberikan sedekah takjil akan diterima BKM (Badan Kemakmuran Masjid) dan siap disajikan kepada musafi r dan masyarakat yang berbuka di masjid setiap hari,” kata Akmal. Selain itu, kata Bupati Akmal Ibrahim, Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) jajaran Pemkab Abdya juga berpartipasi menyediakan menu lauk pauk, yaitu satu kancah masakan resep kuah beulangong setiap hari di Masjid Agung Baitul Ghafur.

“Jadi menu berbuka menjadi bervariasi. Kita persilakan musafi r dan masyarakat buka puasa di Masjid Baitul Ghafur,” imbuh Bupati Abdya. Masjid milik Pemkab Abdya ini berdiri megah dan indah hanya sekitar 150 meter dari kepala jembatan rangka baja Krueng Beukah atau pada lintasan Kota Blangpidie-Guhang-Cot Manee. Masjid ini diresmikan pemakaiannya oleh Bupati Akmal Ibrahim pada 11 Februari 2020 lalu, berdiri di atas lahan seluar 2,4 hektare.

Terletak di Gampong Seunaloh, Kecamatan Blangpidie. Konstruksi bangunannya yang pundamental menjadikan Masjid Agung Baitul Ghafur sebagai kebanggaan masyarakat Kabupaten Abdya. Masjid Agung Baitul Ghafur dikelola Badan Kemakmuran Masjid (BKM) dipimpin, Salman Alfarisi. Keberadaan masjid dengan ukuran bangunan 60 x 80 meter itu semakin diminati jamaah untuk menunaikan shalat lima waktu secara berjamaah.(*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved