Breaking News:

Dayah Darul Ihsan Peusijuek Alumni, MUQ Pagar Air Gelar Tasmi

Dayah Darul Ihsan Abu Hasan Krueng Kalee mengukuhkan 214 alumni Angkatan XVI, di Kompleks Dayah, Siem, Darussalam, Aceh Besar

Editor: bakri
IST
Ketua Yayasan Darul Ihsan Abu Hasan Krueng Kalee, Tgk H Musannif Sanusi, mengukuhkan 214 alumni Angkatan XVI di Kompleks Dayah, Siem, Darussalam, Aceh Besar, Kamis (8/4/2021). 

JANTHO - Dayah Darul Ihsan Abu Hasan Krueng Kalee mengukuhkan 214 alumni Angkatan XVI, di Kompleks Dayah, Siem, Darussalam, Aceh Besar, Kamis (8/4/2021).

Sebanyak 20 santri di antaranya SMK Teknik Komputer Jaringan (TKJ), dan 194 lainnya merupakan santri Madrasah Aliyah (MA) dengan perincian 87 santri putra dan 107 santri putri.

Prosesi pengukuhan dan peusijuek alumni dilaksanakan oleh Ketua Yayasan Darul Ihsan, Tgk H Musannif Sanusi. “Jadilah alim dan shalih, seperti Uwais al-Qarni, terkenal di langit, tidak terkenal di bumi, karena sukses di dunia belum tentu sukses di akhirat,” ujarnya.

Gelar Tasmi’

Dayah Madrasah Ulumul Qur’an (MUQ) mengadakan acara Tasmi’ dan Syahadah Alquran 30 Juz yang perdana secara internal di Kompleks Dayah MUQ Pagar Air, Ingin Jaya, Aceh Besar, Kamis (8/4/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan bisa memotivasi santri lainnya dalam melancarkan hafalan dan menjaga Alquran. Nanda Zulhikmah merupakan salah satu siswa MA Ulumul Qur’an berasal dari Aceh Barat Daya (Abdya), satu-satunya santri yang mampu membaca Alquran Bil Ghaib (tanpa melihat mushaf) 30 Juz dengan durasi lebih kurang 9 Jam.

Selain Nanda, ada lebih 169 santri juga mengikuti kegiatan Tasmi’ dan Syahadah ini dengan kategori 5 Juz, 10 Juz, 15 Juz, 20 Juz, dan 25 Juz.

Rais ‘Am Dayah MUQ, Drs H Sualip Khamsin, dalam sambutannya mengatakan, untuk meningkatkan jumlah hafiz 30 Juz setiap tahunnya, MUQ Pagar Air membuka program Kelas Takhassus (Intensif). "Program Kelas Takhassus adalah program menghafal Alquran 30 Juz dalam waktu satu tahun," katanya.

"Program Kelas Takhassus Tahfiz ini sudah dimulai pada awal bulan Februari lalu dengan harapan setelah mereka khatam 30 Juz bisa mempersiapkan hafalannya untuk mengikuti Tasmi’ dan Syahadah pada tahun selanjutnya," tandasnya.

Lomba Tahfiz

Sementara itu, Dayah Darul Hikmah di Gampong Kajhu, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar, menggelar lomba Tahfiz Quran di pesantren itu, Rabu (7/4/2021). Lomba ini diikuti 30 santri tingkat Tsanawiyah. Berdasarkan penilaian dewan juri dipimpin Ustaz Muhammad Ikhsan, untuk kategori putra, juara Lomba Tahfiz Quran ini, yaitu Isfan Diarrahim (Juara I), Fatin Naufal (Juara II), dan M Irfan (Juara III).  Sedangkan untuk kategori putri, yakni Sela Afrianti (Juara I), Utari Rahayu (Juara II), dan Irhamni (juara III).

Ketua panitia pelaksana Lomba Tahfiz Quran ini, Ustaz Muniruddin SPd mengatakan, Lomba Tahfiz ini rutin mereka gelar setiap tahun menjelang libur Ramadhan.  "Tujuannya untuk meningkatkan minat baca Alquran di kalangan santri serta meningkatkan kemampuan tahsin dan tahfiz bagi santri. Dengan demikian mereka diharapkan menjadi imam di desa masing-masing," kata Ustaz Muniruddin.

Hal ini sebagaimana dikutip Pimpinan Dayah Darul Hikmah, H Soufyan M Saleh SH MM, dalam siaran persnya, Jumat (9/4/2021). Sementara itu, Dewan Juri Ustaz Ikhsan, menyampaikan sangat bangga atas kemampuan tahfiz para santri ini yang dinilainya ada kemajuan dibanding sebelumnya.

Namun, Ustaz Ikhsan, mengingatkan para santri jangan cepat merasa bangga, apalagi merasa puas. "Terus belajar meningkatkan kemampuan masing-masing. Yakinlah Allah akan memudahkan dan menolong orang-orang penghafal Quran, baik di dunia maupun di akhirat nanti," kata Ustaz Ikhsan.(ar/sal)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved