Breaking News:

12 Korban Gas Beracun Masih Dirawat

Hingga Sabtu (10/4/2021) siang, 12 warga yang terdampak gas beracun masih dirawat di dua rumah sakit di Aceh Timur

For Serambinews.com
Bupati Aceh Timur, H Hasballah Bin HM Thaib SH atau yang akrab disapa Rocky, Sabtu (10/4/2021) pagi, menjenguk warga yang terpapar gas beracun yang masih dirawat di RSUD dr Zubir Mahmud Aceh Timur. 

IDI - Hingga Sabtu (10/4/2021) siang, 12 warga yang terdampak gas beracun masih dirawat di dua rumah sakit di Aceh Timur. Sepuluh orang dirawat di RSUD dr Zubir Mahmud, Idi, dan dua lainnya menjalani perawatan di RSUD Graha Bunda, Aceh Timur. Informasi itu disampaikan Direktur RSUD dr Zubir Mahmud, dr Edi Gunawan, kepada Serambi, kemarin.

Sebelumnya, sebut Edi, sejak Jumat (9/2/2021) siang hingga malam,RSUD Zubir Mahmud menerima pasien rujukan dari Puskesmas Banda Alam sebanyak 11 orang. Dari jumlah itu, lanjutnya, satu orang bernama Uska Anggraini, dirujuk ke RSUD Zainoel Abidin, Banda Aceh, dan dua lainnya dibolehkan pulang.

"Siang ini (siang kemarin-red) masuk lagi seorang pasien yang sekarang sedang fokus kita tangani. Jadi, masih ada 10 warga yang kita rawat di RSUD Zubir Mahmud. Sedangkan dua pasien lain dirawat di RSUD Graha Bunda," ungkap Edi.

Ia mengungkapkan, semua pasien yang masih dirawat, kondisinya sudah mulai membaik. "Keluhan mereka seperti mual dan pusing, memang masih ada. Tapi, kondisi semua pasien sudah stabil, tidak ada lagi yang mengkhawatirkan karena sudah melewati masa kritis," timpalnya.

Pun demikian, lanjur Edi, pasien tersebut baru dibolehkan pulang bila sudah diizinkan oleh dokter spesialis yang merawat mereka. "Kita fokus memberikan pelayanan terbaik dan senyaman mungkin kepada semua pasien," kata Edi yang Juru Bicara Satgas Covid-19 Aceh Timur. Terkait pembiayaan, ia mengungkapkan, biaya untuk pasien yang dirawat tidak diklaim ke BPJS Kesehatan, tapi semuanya ditanggung oleh PT Medco.

Ditambahkan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan tim surveilans Dinas Kesehatan Aceh Timur, untuk mendata perkembangan kesehatan pasien yang dirawat. Sebab, hal ini merupakan kejadian luar biasa (KLB).

Jenguk korban

Bupati Aceh Timur, H Hasballah bin HM Thaib SH, pagi kemarin menjenguk korban gas beracun yang masih dirawat di RSUD dr Zubir Mahmud. Dalam kunjungan itu, Bupati yang akrab disapa Rocky ini didampingi Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskominfo Aceh Timur, Iswandi Ssos.

“Kami masih memantau lokasi yang menjadi titik sumber asap flare itu apakah sudah aman atau belum,” ujar Bupati di sela-sela kunjungan tersebut. Ia meminta perusahaan agar benar-benar bekerja di lapangan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP), sehingga tak menimbulkan dampak negatif terhadap masyarakat sekitar.

Terkait warga yang mengungsi di Kantor Camat Banda Alam, Rocky mengatakan, mereka baru dibolehkan pulang ke rumah bila situasi sudah aman dan terkendali. “Begitu juga bagi warga yang dirawat, bila sudah sehat akan dipulangkan. Sementara  yang butuh perawatan, juga akan dirawat," tukasnya seraya berharap korban yang masih dirawat agar cepat sembuh.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved