Breaking News:

Tips Kesehatan

8 Tips Menjaga Kesehatan Jantung Selama Musim Panas, Hindari Makanan Asin hingga Minuman Berkafein

Musim panas dapat lebih berisiko pada orang dengan penyakit jantung. Berikut ini 8 tips menjaga kesehatan jantung selama musim panas.

Intisari.grid.id
Ilustrasi jantung manusia 

SERAMBINEWS.COM - Lingkungan panas atau musim panas dapat ditoleransi oleh individu yang sehat, namun menurut sebuah penelitian, toleransi terhadap stres panas cukup terganggu pada orang dengan penyakit jantung.

Mengutip dari Boldsky, mereka rentan dengan peningkatan risiko komplikasi seperti gagal jantung kronis atau disfungsi ventrikel yang timbul dari intoleransi panas.

Cedera terkait panas sering kali dicegah dengan penyesuaian kritis yang dilakukan oleh jantung seperti peningkatan keringat dan aliran darah kulit untuk menormalkan panas tubuh.

Namun, jika fungsi jantung terganggu, pengaturan suhu tubuh dapat terganggu saat seseorang berolahraga atau terkena suhu musim panas.

Masih melansir dari Boldksy Sabtu (10/4/2021), berikut ini tips menjaga kesehatan jantung selama musim panas.

Baca juga: Ketahuilah! 4 Gejala Seseorang Menderita Penyakit Jantung yang tidak Disadari, Jangan Sepelekan

1. Tetap terhidrasi

Hipohidrasi atau kehilangan air dari tubuh tidak hanya mengganggu kinerja fisik dan mental, tetapi juga kesehatan jantung.

Hipohidrasi akut akibat tekanan panas atau olahraga berkepanjangan mengganggu pengaturan tekanan darah, mengurangi fungsi sel jantung dan merusak fungsi vaskular, sehingga menyebabkan sejumlah kondisi jantung.

2. Hindari olahraga yang berat

Menurut sebuah penelitian, olahraga berat dalam cuaca panas dapat menyebabkan masalah yang parah pada jantung.

Halaman
1234
Penulis: Firdha Ustin
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved