Breaking News:

Kapal Perang Prancis Masih Sandar di Teluk Sabang

Hingga Sabtu (10/4/2021), dua kapal perang berbendera Prancis masih bersandar di Dermaga CT3 Sabang

Twitter Dubes Prancis - Olivier Chambard
FS Tonnerre (L 9014) merupakan kapal perang milik Angkatan Laut Perancis yang singgah di Dermaga CT3 Sabang, Aceh, Kamis (8/4/2021) 

SABANG - Hingga Sabtu (10/4/2021), dua kapal perang berbendera Prancis masih bersandar di Dermaga CT3 Sabang. Para awak kapal tidak ada agenda khusus lagi, mereka hanya berisitirahat di pulau paling barat Indonesia tersebut.

Kepala BPKS Sabang, Iskandar Zulkarnain kepada Serambi mengatakan, saat ini dua kapal perang dan Duta Besar Prancis untuk Indonesia masih berada di Sabang, meski tidak ada kegiatan khusus lagi, Mereka masih beristirahat di pulau tersebut.

Dikatakan, berdasarkan surat, kapal itu masih ada izin bersandar tiga hari lagi di Sabang, hingga Selasa nanti. Iskandar menjelaskan, dua kapal itu sedang dalam perjalanan dari India menuju Vietnam. Mereka singgah dan turun di Sabang, Kamis (8/4/2021) yang juga ikut disambut oleh Dubes. “Mereka (dua kapal perang Prancis) datang dari India mampir ke Sabang,” kata Iskandar.

Di Sabang, para awak kapal menziarahi dan melakukan upacara di malam pahlawan nasional mereka, Lettu Laut Anumerta Jacques Carissan di Het Kerkhof Sabang.

Lettu Laut Anumerta Jacques Carissan adalah tentara Angkatan Laut Prancis yang gugur pada pertempuran laut antara kapal Prancis Mousquet dan kapal Jerman Emden pada perang dunia pertaman Oktober 1914 silam, di Selat Malaka. Upacara penghormatan tersebut dilaksanakan pada Kamis (8/4/2021).

Selain itu, juga dilaksanakan peresmian ruangan Prancis di museum BPKS.  Untuk diketahui, dua kapal perang Prancis yang bersandar di Sabang telah mengantongi izin dari otoritas Indonesia. Sabang yang berada di jalur perlintasan dijadikan tempat singgah sementara bagi serdadu angkatan laut tersebut.

Ia menyebut, dua kapal perang itu hanya beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan menuju Vietnam. Para awak kapal akan turun di Sabang selama tiga hari. Pada, Rabu (7/4/2021), Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Olivier Chambard juga sudah terlebih dahulu tiba di Sabang.

Tampak dalam unggahan Twitter-nya, Chambard memposting kedatangan dua kapal perang itu di Dermaga Jety CT3 Sabang. “Persinggahan grup #JeanneDArc2021 di Sabang, PHA Tonnerre & fregat FLF Surcouf. Bangga menyambut midships dari Sekolah Angkatan Laut,” tulisnya.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved