Breaking News:

‘Uang Rp 1000 di Jaket Pak Jokowi Saya Pajang di Rumah’

Frans menambahkan, jaket itu akan digunakannya untuk menggalang dana bagi korban terdampak banjir bandang di NTT

FOTO FACEBOOK JOKOWI
Presiden Jokowi memakaikan jaketnya kepada Fransiskus Ade Uran Atawolo (30), korban bencana alam di Desa Tapolangun, Kabupaten Lembata, NTT, Jumat (9/4/2021). 

* Cerita Frans, Korban Bencana di NTT

Frans menambahkan, jaket itu akan digunakannya untuk menggalang dana bagi korban terdampak banjir bandang di NTT. Menurut dia, banyak masyarakat NTT yang siap urunan dengan imbalan dapat foto bersama jaket Jokowi."Mereka bersedia untuk menyumbangkan uang Rp 10 ribu satu kali foto," terangnya.

Senyum Fransiskus Ade Uran Atawolo (30) merekah. Tak mengira, Frans mendapatkan momen berharga dalam hidupnya karena bisa mendapatkan jaket yang diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Frans sengaja datang untuk melihat Jokowi, yang sedang mengunjungi  korban bencana alam di Desa Tapolangun, Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (9/4/2021). Lantaran, kata dia, sejak Indonesia Merdeka 76 tahun lalu, baru kali ini desanya dikunjungi Presiden.

"Saya ingin melihat Pak Jokowi, karena sudah 75 tahun Indonesia merdeka dari presiden pertama sampai sekarang, baru Pak Jokowi yang ke sini. Saya ingin melihat Pak Jokowi dari dekat karena saya sangat mengagumi Pak Jokowi," ujar Frans kepada Tribun Network, Sabtu (10/4/2021).

Frans melihat sosok Jokowi orang yang sederhana. Ia mengagumi Jokowi sejak Kota Solo (Surakarta) dipimpin oleh Presiden ke-7 Indonesia tersebut. "Beliau sederhana, murah senyum," ucap Frans yang merupakan korban bencana di Desa Amaka, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata.

Karena itu, Frans tak menyangka ia akan dipanggil langsung oleh Jokowi. Momen berharga itu tak akan pernah terlupakan olehnya. Orang nomor satu di Indonesia, bisa menyapa langsung dirinya. "Saya teriak-teriak memanggil Pak Jokowi, Pak Jokowi, Pak Jokowi, terima kasih karena sudah sampai ke daerah sini. Saya cinta Pak Jokowi setengah mati," terang Frans. "Terus saya bilang, saya cinta Pak Jokowi setengah mati kalau perlu sampai tiga periode saya dukung Pak Jokowi. Terus Pak Jokowi senyum, senyum," sambungnya.

Jokowi yang mengenakan jaket merah, kemeja putih lengan panjang, dengan masker putih, menunjuk ke arah Frans. "Dia menunjuk ke arah saya, ya kamu dek kamu. Terus saya juga menjawab dari jauh, saya kah Bapak? Terus pengawalnya Pak Presiden bilang ya kamu dek turun," katanya.

Frans pun menghampiri Presiden. Dengan senyum, Jokowi bertanya, "Kamu mau apa dari saya dek? Mau jaket tidak?," ucap Frans menirukan Jokowi. Jokowi kemudian  melepas jaket merah yang dikenakannya. Lalu memakaikannya kepada Frans. "Pak Jokowi sendiri yang mengenakan ke saya. Jaket berwarna merah, ukurannya pas," tukasnya.

Frans senang sekali bisa berkesempatan bertemu langsung dengan Jokowi dan dihadiahi jaket. Kejutan untuk Frans tak berhenti di situ. Ketika pulang ke rumah, ia merogoh saku di dalam jaket merah yang baru saja diberikan oleh Jokowi. "Di dalam jaketnya Bapak Jokowi itu terselip uang Rp 1000 bergambar Pattimura," ujarnya.

Frans tak mengira seorang presiden bisa menyimpang uang Rp 1000. Jaket dan uang di dalamnya dari Jokowi akan dijaganya agar menjadi kenang-kenangan. "Saya ingin pajang di rumah. Biar menjadi kenangan," imbuh Frans.

Frans menambahkan, jaket itu akan digunakannya untuk menggalang dana bagi korban terdampak banjir bandang di NTT. Menurut dia, banyak masyarakat NTT yang siap urunan dengan imbalan dapat foto bersama jaket Jokowi."Mereka bersedia untuk menyumbangkan uang Rp 10 ribu satu kali foto," terangnya.

Ia berharap, dengan kunjungan Jokowi ke wilayah terdampak bencana bisa mengobati luka dan duka tangisan para korban. Diharapkan juga, bisa mendorong pemerintah kabupaten/kota untuk cekatan dalam mengatasi persoalan bencana. "Sehingga masyarakat terdampak banjir bisa dapat diobati rasa dukanya," tutup Frans.

Informasi soal melepas jaket merah yang dipakainya lalu dipakaikan ke seorang pemuda korban bencana juga disampaikan oleh Jokowi sendiri melalui media sosial. “Jaket saya ini untuk Fransiskus, anak muda Lembata, Nusa Tenggara Timur, salah satu korban bencana longsor dan banjir bandang yang saya temui di lokasi, siang ini," tulis Jokowi di instagram. Pada kesempatan itu, Jokowi mengatakan, atas nama pribadi dan mewakili pemerintah menyampaikan belasungkawa kepada para korban bencana.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Jumat (9/4/2021). Jokowi menyambangi provinsi itu untuk melakukan kunjungan kerja dalam rangka meninjau sejumlah lokasi yang terdampak pascabencana di provinsi tersebut. Kota Kupang dan 21 kabupaten di NTT dilanda sejumlah bencana alama akibat siklon tropis seroja sejak 2-5 April 2021. (tribun network/denis destryawan)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved