Breaking News:

Santri Takhassus MUQ Pagar Air Rihlah ke Kebun Kurma Barbate El Mahdi di Blang Bintang

“Belajar dengan alam merupakan bagian terpenting dari proses belajar, agar para santriwan/wati dapat memahami betapa indah ciptaan Allah SWT".

FOR SERAMBINEWS.COM
Foto bersama santri dan ustadzah Program Takhassus Dayah MUQ Pagar Air, Minggu (11/4/2021), di Kebun Kurma El Mahdi Barbate. Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar. 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Komite Dayah MUQ Pagar Air bersama Dayah MUQ Pagar Air beserta orang tua wali, memfasilitasi santriwan/wati Program Takhassus (Intensif) dalam rangka rihlah (perjalanan) ke Kebun Kurma El Mahdi Barbate, Blang Bintang, Aceh Besar, Minggu (11/4/2021).

Para santriwan/wati dipertemukan dengan pemilik Kebun El Mahdi Barbate di Mushalla kebun tersebut.

Acara pertemuan diawali oleh pembawa acara Ustaz Muhammad Yasir.

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Kalam Ilahi oleh salah seorang santri Takhassus, Putra Zikril Amin Ganto, Kelas 1 MTs (13 Tahun), sudah mempunyai hafalan 7 Juz Alquran.

Dalam sambutannya, pemilik Kebun Kurna, Mahdi Muhammad menyampaikan selamat datang di tempat yang indah ini, sekaligus petani kurna merasa sangat senang dan bahagia atas kedatangan ahli ilmu dan para penghafal Alquran.

Lebih lanjut, Mahdi menjelaskan mengapa dirinya memiliki insiprasi untuk menanam pohon kurma di daerah ini.

Baca juga: Santri TPA Hidayatul Ulum & Balai Pengajian Lambaro Skep Pawai Tarhib Ramadhan

Baca juga: Dayah Darul Hikmah Kajhu Aceh Besar Gelar Lomba Tahfiz Antar Santri/Santriwati, Ini Para Juaranya

“Dalam Alquran, Allah SWT menyebutkan kurma lebih 20 kali, setiap yang disebutkan dalam Alquran tentu memiliki hikmah dan keberkahan yang tak terhingga, maka kita yakin dan haqqul yakin menanam kurma,” katanya.

“Alhamdulillah sekarang sudah ada hasilnya yaitu sudah berbuah, nanti anak-anakku sekalian boleh melihat secara langsung batang dan buah kurma yang telah berbuah,” kata Mahdi pada santriwan/wati.

Dr Sofyan A Gani selaku Ketua Komite Dayah MUQ Pagar Air, menyampaikan maksud dan tujuan dari kunjungan adalah untuk membuka cakra wala santri Takhasus bahwa belajar bisa dimana mana, termasuk di lingkungan terbuka seperti kebun Kurma El Mahdi Barbate.

“Selama ini kalau bicara kurma kita langsung terbayang Jazirah Arab. Sekarang Alhamdulillah sudah ada di depan mata, di Barbate Blang Bintang, Aceh Besar,” ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Agus Ramadhan
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved