Breaking News:

Ramadhan 2021

Ziarah Kubur Sebelum Puasa Ramadhan, Ini Penjelasan Ulama Aceh Waled Marhaban Bakongan

Ulama Aceh yakni Waled Marhaban Bakongan, menjelaskan bahwa ziarah kubur merupakan anjuran, baik untuk dilakukan bukan hanya menjelang Ramadhan saja.

Penulis: Syamsul Azman | Editor: Zaenal
SERAMBINEWS.COM/ SYAMSUL AZMAN
Waled Marhaban Bakongan 

SERAMBINEWS.COM, ACEH SELATAN - Umumnya umat Muslim di Indonesia sebelum melakukan ibadah puasa di bulan Ramadhan akan melakukan ziarah kubur keluarga atau sanak famili.

Aktivitas demikian bukan hal baru lagi, namun sudah menjadi rutinitas sebelum puasa, selain itu pula ada sebagian yang berziarah ketika Idul Fitri maupun Idul Adha.

Ulama Aceh yakni Waled Marhaban Bakongan, menjelaskan bahwa ziarah kubur merupakan anjuran, baik untuk dilakukan bukan hanya menjelang Ramadhan saja.

Pada Serambinews.com, Minggu (11/4/2021) sebelum menerangkan terkait ziarah kubur, Waled mengatakan bila terlihat bulan, maka pada Senin malam akan dilakukan shalat tarawih.

"Bila terlihat bulan nanti, maka Senin malam (12/4/2021-red) kita laksanakan tarawih dan Selasa puasa," kata Waled saat dihubungi dengan WhatsApp.

Baca juga: Ramadhan 1442 Hijriah - Berikut Doa Setelah Shalat Tarawih dan Witir, Lengkap dengan Doa Kamilin

Ziarah Kubur Dianjurkan

Menurut penjelasan Waled Marhaban, melakukan ziarah kubur merupakan sesuatu yang dianjurkan.

"Sunnah melakukan ziarah kubur, bukan hanya sebelum Ramadhan, kapan saja dianjurkan untuk melakukan ziarah kubur.

Datang dan kirim doa kepada keluarga maupun famili yang telah mendahului, sebagai wujud kepedulian," jelas Waled, yakni putra dari Abu Bakongan (Tgk Syekh H Adnan Mahmud).

Pelaksanaan Ziarah Kubur

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved