Breaking News:

Bandar Sabu Ditembak karena Melawan Polisi

Polisi menembak seorang bandar narkoba berinisial Z bin R (30), warga Desa Pulo Blang, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara

SERAMBINEWS.COM/ZAKI MUBARAK
Tersangka bandar narkoba Z bin R (30) Desa Pulo Blang, Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara, terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas dengan tembakan yang menembus bagian kaki kirinya, Senin (12/4/2021). 

* Di Aceh Utara

LHOKSEUMAWE - Polisi menembak seorang bandar narkoba berinisial Z bin R (30), warga Desa Pulo Blang, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara, Jumat (2/4/2021) petang.

Dia terpaksa dilumpuhkan karena mencoba melawan petugas dan berusaha melarikan diri. Kecuali itu, tersangka berupaya menghilangkan bukti dengan membuang sabu seberat 100,19 gram. Akhirnya, polisi melumpuhkan dengan timah panas di bagian kaki kiri.

Hal itu diungkapkan Kapolres Lhokseumawe, AKBP Eko Hartanto dalam konfrensi pers yang berlangsung di Gedung Serbaguna Mapolres setempat, Senin (12/4/2021).

Dikatakan Kapolres, berawal dari informasi masyarakat tentang keberadaan Z bin R. Di mana dia diduga melakukan aktivitas transaksi narkoba hingga meresahkan warga lingkungan Desa Pulo Blang, Kecamatan Syamtalira Bayu.

Menindaklanjuti informasi itu, Satnarkoba Polres Lhokseumawe menuju ke lokasi memastikan kebenaran. Lalu, pada Jumat (2/4/2021) sekira pukul 15.30 Wib, petugas melakukan penangkapan terhadap Z bin R di Dusun Timur Desa Pulo Blang.

Tapi, penangkapan tersebut tidak berjalan mulus seperti yang diharapkan. Karena, Z bin R yang mengetahui dirinya akan ditangkap segera melakukan perlawanan. Dia berusaha melarikan diri sambil membuang sebuah bungkusan ke dalam semak-semak.

“Namun, sebelum kabur terlalu jauh, akhirnya anggota polisi melakukan tembakan terukur hingga peluru mengenai bagian betis kaki kirinya, dan tersangka terjatuh,” jelas Kapolres.

Setelah ditangkap, polisi melakukan pemeriksaan dan penggledahan hingga melakukan penyisiran di lokasi tersangka membuang barang bukti. Polisi berhasil menemukan bungkusan plastik berisi barang bukti sebanyak 100,19 gram. "Akhirnya tersangka dan barang bukti digiring ke Polres Lhokseumawe untuk dilakukan pengembangan kasus, dan diproses secara hukum," jelas Kapolres Lhokseumawe.

Dalam keterangan kepada polisi, Z bin R  mengaku memperoleh sabu  dari bandar narkoba berinisial F yang dibeli dengan harga Rp 36 juta. “Tujuan tersangka, barang sabu itu dia beli dengan cara utang Rp 36 juta. Lalu, akan dijual lagi seharga Rp 37 juta dan mendapat keuntungan sebesar Rp 1juta,” papar kapolres.

Namun, sebelum niatnya tercapai, Z keburu diringkus Satnarkoba Polres Lhokseumawe, sementara bandar berinisial F kini sudah masuk DPO.  Meski berjalan pincang karena kaki kiri diperbankan akibat bekas luka tembakan, tersangka tetap dihadirkan dalam konfrensi pers dengan mengenakan seragam tahanan.  Tersangka kini terancam pasal 114 dan pasal 112 no 35 tahun 2009 dengan hukuman 5 tahun penjara, dan paling lama seumur hidup.

Sebanyak 14 tersangka yang ditangkap dan terlibat sebagai pengedar, penjual, pembeli, serta pemakai narkoba jenis sabu hasil tangkapan jajaran Polres Bireuen dibawa ke pendopo Bupati setempat, Senin (12/4/2021).

Para tahanan Polres dibawa dengan mobil khusus memakai pakaian tahanan kaos oblong warna crem, dan tangan diborgol. Mereka mendapat pengawalan ketat didampingi sejumlah anggota Polres baik pakaian sipil maupun bersenjata lengkap untuk diperlihatkan kepada masyarakat.

14 tahanan yang dibawa ke pendopo Bupati dan dikawal langsung oleh Kapolres Bireuen, AKBP Taufik Hidayat SH SIK MSi. Sebagian adalah tersangka kasus sabu yang ditangkap di kawasan Jeunieb, Bireuen beberapa waktu lalu, dan beberapa tersangka lainnya. Mereka dengan tangan diborgol diperlihatkan kepada masyarakat, dan berdiri menghadap baliho besar.

Kapolres Bireuen, AKBP Taufik Hidayat mengatakan, mereka adalah tersangkut kasus sabu. Kini, sebagian barang bukti sabu, dan ganja dimusnahkan. Pemusnahan barang bukti tindak pidana narkotika  sudah ada ketetapan hukum tetap dari Kejaksaan Negeri Bireuen.(zak/yus)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved