Breaking News:

Dua Lifter Aceh Dikirim ke Uzbekistan

Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia(PABSI) kembali memberikan kepercayaan kepada dua lifter andalan Aceh, Nurul ‘Amel’ Akmal

FOTO KIRIMAN EFFENDI ERIA
Lifter Aceh, Muhammad Zul Ilmi dan Nurul Akmal didampingi Ketua Umum PABBSI Aceh, Teuku Rayuan Sukma serta Pelatih Effendi Eria memperlihatkan medali emas di GOR Padjajaran, Bandung, Jawa Barat, tadi malam. 

BANDA ACEH - Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia(PABSI) kembali memberikan kepercayaan kepada dua lifter andalan Aceh, Nurul ‘Amel’ Akmal dan Muhammad Zul Ilmi yang akan bertanding di Kejuaraan Asia di Tashkent, Uzbekistan, mulai 18-25 April 2021 mendatang.

Khusus Muhammad Zul Ilmi, ini menjadi penampilan pertamanya di ajang internasional ketika membela timnas Indonesia. Sebelumnya, lifter asal Aceh Besar juga pernah bertanding di Kejuaraan Piala Raja di Bangkok, Thailand tahun 2015.

Bagi Muhammad Zul Ilmi, ini merupakan prestasi terhitung mengesankan. Pasalnya, dia baru bergabung ke Pelatnas sejak Maret 2021 lalu. Zul Ilmi dipanggil ke Pelatnas guna persiapan ke SEA Games 2021 di Vietnam.

“Ya, Ilmi baru sebulan berada di Pelatnas. Tapi, dia langsung dipercaya ke Kejuaraan Asia di Uzbekistan,” lapor Pelatih Angkat Besi Aceh, Effendi Eria kepada Serambi, Senin (12/4/2021).

Sementara Nurul ‘Amel’ Akmal dikenal sebagai salah satu atlet potensial Indonesia. Bahkan, atlet putri dari Aceh Utara itu juga berhasil tampil di ajang Asian Games 2018 di Jakarta. Kecuali keduanya, PB PABSI juga mengirim lima lifter lain.

Sebagaimana diketahui, Kejuaraan Asia itu juga sebagai kualifikasi Olimpiade Tokyo 2021. Untuk kelompok putri, Indonesia mengirim tiga lifter yakni Windy Cantika Aisyah (49 kg), Juliana Klarisa (55 kg), dan Nurul Akmal (87 kg). Sedangkan di kelompok putra terdapat Mohammad Yasin (67 kg), Triyatno (67), Rahmat Erwin Abdullah (73 kg), dan Muhammad Zul Ilmi (89 kg).

Lifter ini ditargetkan untuk meraih poin agar lolos ke Olimpiade Tokyo 2021 mendatang. “Khusus Nurul Akmal, supaya dapat lolos ke Olimpiade di Tokyo, dia harus berusaha mempertahankan angkatan terbaiknya,” ungkap Effendi Eria.

Dari tiga lifter putri, Indonesia menargetkan Windy Cantika Aisah dan Nurul Akmal bisa lolos ke Olimpiade. Sementara di kelompok putra, Rahmat Erwin Abdullah juga harus berjuang keras meski memiliki peluang besar lolos ke Tokyo. “Insya Allah, rombongan lifter Indonesia akan bertolak menuju Tashkent, Rabu (14/4/2021) malam,” jelas Effendi Eria.(ran)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved