Breaking News:

Ekspedisi Seroja

Ekspedisi Seroja Hadirkan Secercah Tawa di Tengah Bencana

Tujuan lain dari dukungan psikososial adalah meningkatkan resiliensi masing-masing anak untuk dapat menghadapi situasi bencana saat ini dan masa depan

For Serambinews.com
Tim Ekspedisi Seroja dan Relawan Melakukan Aktivitas Motorik Bersama Anak-anak Penyitas Bencana NTT 

Ekspedisi Seroja Hadirkan Secercah Tawa di Tengah Bencana

SERAMBINEWS.COM, Waingapu, - Curah hujan tinggi dan badai siklon Seroja pada 6 April 2021, memporakporandakan Sumba Timur. Sepekan kemudian, layanan listrik dan telekomunikasi di beberapa wilayah masih lumpuh.

Sebagian warga pun masih tinggal di pengungsian, pasalnya kediaman mereka hancur diterjang banjir.

Bupati Propinsi Nusa Tenggara Timur, Khristofel A. Praing menetapkan wilayahnya dalam status darurat bencana alam hingga 15 April 2021.

Dalam kondisi bencana alam, anak-anak dan orang tua merupakan kelompok paling rentan.

Baca juga: KWPSI dan Serambi FM Siarkan Dialog Interaktif Ramadhan 1442 H, Ikuti Setiap Pagi dan Tanya Langsung

Baca juga: Baik untuk Pencernaan, Ini 6 Resep Es Kocok Pepaya, Cocok untuk Minuman Berbuka Puasa

World Risk Report (2018) menyatakan bahwa anak-anak merupakan populasi yang mengalami dampak terburuk dari terjadinya bencana, terutama di negara-negara berkembang. PBB mengestimasi sekitar 100 juta anak di seluruh dunia menjadi korban bencana setiap tahun.

Penelitian WHO (World Health Organization) mengungkap dampak psikologis yang menimpa penyintas bencana diantaranya rasa kehilangan, berduka, marah, takut dan merasa bersalah.

Bahkan sebagian korban merasakan reaksi gangguan psikologis berat berupa gangguan stres pasca trauma, depresi, pikiran bunuh diri dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

"Universitas Pertamina, Pertamina Foundation, Hope Indonesia dan Yayasan Dian Sastrowardoyo bergabung dalam ekspedisi Seroja. Menyalurkan bantuan bagi korban bencana banjir dan badai.

Termasuk kegiatan trauma healing kepada anak-anak penyintas bencana," tutur Roby Hervindo, Sekretaris Universitas Pertamina di Waingapu, Sumba Timur, Minggu (11/04).

Halaman
123
Editor: iklan@serambinews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved