Breaking News:

Polres Tertibkan Knalpot Brong, Fokus Selama Ramadhan

Aparat Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Aceh Utara akan menertibkan pengguna sepeda motor (sepmor) yang memakai knalpot brong

For Serambinews.com
Kapolres Aceh Utara, AKBP Tri Hadiyanto 

LHOKSUKON – Aparat Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Aceh Utara akan menertibkan pengguna sepeda motor (sepmor) yang memakai knalpot brong. Penertiban ini dilakukan selama bulan Ramadhan untuk memberikan rasa nyaman kepada warga saat beribadah. Karena itulah, diharapkan kepada remaja yang menggunakan knalpot agar segera mengganti dengan knalpot standar.

“Dalam Operasi Keselamatan Seulawah selama Ramadhan yang dimulai hari ini, kita lebih kepada kegiatan sosialisasi. Tapi, bila ditemukan pelanggaran yang kasat mata juga akan kami tindak,” ujar Kapolres Aceh Utara, AKBP Tri Hadiyanto melalui Kasat Lantas, Iptu Adek Taufik kepada Serambi, Senin (12/4/2021).

Dalam Operasi Seulawah yang dilaksanakan selama bulan suci Ramadhan, tambahnya, petugas lebih fokus terhadap pelanggaran. Misalnya, penggunaan knalpot brong dan yang tidak memakai helm. “Kita ingin menciptakan kenyamanan bagi masyarakat untuk beribadah dalam bulan Ramadhan, dan pencegahan penularan Covid-19,” ujar Kasat Lantas.

Disebutkan Kasat Lantas Polres, selama Ramadhan pihaknya tidak mengadakan razia. Akan tetapi, pengaturan lalu lintas tetap akan dilakukan pada sore hari ketika menjelang jam buka puasa. Selain itu, juga akan dilakukan patroli rutin pada malam hari untuk memberikan rasa nyaman kepada masyarakat untuk beribadah seperti saat shalat tarawih, dan tadarus.

Patroli itu, kata Kasat Lantas, akan dilakukan ke tempat yang pernah digunakan sebagai lokasi balapan liar oleh kalangan remaja. Karena, berdasarkan laporan masyarakat di lintasan jalan tertentu terjadi balapan liar pada malam hari. “Kita sudah mengetahui lokasinya dan nantinya akan kita fokus patroli ke kawasan tersebut,” ujar Iptu Adek. 

Kendati tidak ada razia selama Ramadhan, katanya, jika ditemukan pengguna sepmor yang tidak memakai helm dan memakai knalpot brong pasti akan ditindak sesuai dengan ketentuan. “Sebelum kita laksanakan Operasi Seulawah ini, kita lakukan sosialisasi kepada masyarakat di beberapa lokasi,” ujar Kasat Lantas.

Sosialisasi tersebut akan terus dilakukan selama Ramadhan kepada masyarakat. Sehingga, diharapkan nantinya selama Ramadhan tidak ditemukan pelanggaran lalu lintas lagi, sehingga masyarakat dapat berkonsentrasi dalam ibadah. “Jadi penindakan yang kita lakukan adalah tilang terhadap pelanggaran lalu lintas,” katanya.

Ditambahkan, Polres Aceh Utara sebelumnya juga sudah mengadakan sosialisasi kepada aparat desa untuk berpartisipasi dalam mencegahnya terjadi pelanggaran lalu lintas.

Pada kesempatan itu, Kasat Lantas Polres Aceh Utara, Iptu Adek Taufik mengimbau kepada masyarakat supaya tidak ikut-ikutan dalam balapan liar. Bila mengetahui adanya balapan liar supaya segera melaporkan kepada petugas terdekat, polsek atau Satuan lalu lintas supaya petugas dapat segera mengambil tindakan tegas.

“Bila nantinya kita temukan ada remaja yang menggunakan knalpot brong di sepmornya, kita akan panggil orang tuanya untuk dapat mengambil sepmor dan membinanya,” ujar Kasat Lantas. Karena itulah, diharapkan kepada orang untuk dapat menjaga anak-anaknya sehingga tidak terlibat dalam balapan liar selama bulan suci Ramadhan.(jaf)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved