Breaking News:

Masuk Masjid Tanpa Izin Didenda Rp 3,9 Juta

Mengutip Arab News, izin hanya akan dikeluarkan melalui aplikasi Tawakkalna dan Etamarna. Kendaraan tidak resmi tidak akan diizinkan

AFP
Masjidil Haram di kota suci Mekkah, Arab Saudi. 

Mengutip Arab News, izin hanya akan dikeluarkan melalui aplikasi Tawakkalna dan Etamarna. Kendaraan tidak resmi tidak akan diizinkan di kawasan pusat sekitar Kota Mekkah, Arab Saudi. Jamaah juga harus datang ke masjid tepat waktu, jika tak ingin kehilangan slot waktu mereka. Sementara anak-anak tidak akan diizinkan memasuki masjid atau halaman di sekitar masjid.

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengeluarkan peringatan bahwa denda 10.000 riyal atau sekitar Rp 39 juta akan diberikan kepada jamaah yang ingin melakukan umrah tanpa izin. Bagi jamaah yang coba memasuki masjid tanpa izin, denda sebesar 1.000 riyal atau sekitar Rp 3,9 juta sudah menanti mereka.

Kementerian Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan dalam sebuah pernyataannya mengatakan, lamnya shalat Tarawih di semua masjid tidak boleh lebih dari 30 menit. Hal ini terjadi setelah Raja Salman mengeluarkan keputusan untuk mengizinkan shalat Tarawih di dua masjid suci--Masjidil Haram, Mekkah dan Masjid Nabawi, Madinah--serta menguranginya dari 20 menjadi 10 rakaat dengan lima kali salam.

Kementerian mengingatkan perlunya mengikuti langkah-langkah pencegahan untuk memastikan keselamatan, kesehatan, dan keamanan mereka yang mengunjungi dua masjid suci tersebut. Untuk diketahui, Dewan Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi akan mengizinkan 50.000 jamaah umrah selama Ramadhan tahun ini.

Sementara 100.000 jamaah di luar umrah akan diizinkan untuk shalat di Masjidil Haram, Mekkah. Itu berarti Masjidil Haram hanya mengizinkan 150.000 jamaah setiap hari selama Ramadhan. Izin umrah akan diberikan kepada jamaah berusia 65 tahun ke atas yang sudah divaksinasi virus corona. Buka puasa, suhur, dan itikaf di dalam masjid selama Ramadhan akan ditangguhkan, sementara jumlah lokasi untuk shalat Idul Fitri akan ditambah. (kompas.com)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved