Breaking News:

Marzuki Hamid Jenguk dan Bawa Bantuan ke TKI Telantar

Wakil Wali Kota Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM, Rabu (14/4/2021), berkunjung sekaligus menyerahkan bantuan kepada Najarwati (43)

For Serambinews.com
Wakil Wali Kota Langsa, H Marzuki Hamid saat mengunjungi Najarwati, Warga Gampong Asam Peutek, TKI Malaysia yang baru saja dipulangkan Pemko Langsa. 

LANGSA - Wakil Wali Kota Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM, Rabu (14/4/2021), berkunjung sekaligus menyerahkan bantuan kepada Najarwati (43), warga Gampong Asam Peutik, Kecamatan Langsa Lama. Najarwati merupakan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kota Langsa yang bekerja sudah sekitar setahun lebih di negara Malaysia.

Namun, sebelum bisa pulang ke kampung halaman, ia sempat terlantar di negeri jiran karena tak memiliki biaya. Marzuki Hamid mengatakan, setelah bekerja setahun lebih sebagai pekerja rumah tangga di Malaysia, ia mengalami perlakuan yang tidak baik dari majikannya.

“Ibu Najarwati ini diperlakukan tidak baik oleh majikan tempat ia bekerja, sehingga ia memilih meninggalkan tempat pekerjaan itu,” ujarnya. Dikarenakan dia melarikan diri, tambah Wakil Wali Kota, seluruh dokumen Najarwati ikut dihilangkan oleh majikannya, sehingga dia kesulitan mencari pekerjaan baru. Akhirnya, Ibu Rumah Tangga (IRT) asal Gampong Asam Peutek ini pun terlantar di negara Jiran tersebut.

Kabar Najarwati telantar sampai ke keluarganya, dan selanjutnya keluarganya meminta bantuan kepada Pemko Langsa untuk membantu proses pemulangan. “Setelah terlantar melalui keluarganya dia meminta kepada Pemko yntuk difasilitasi supaya bisa kembali ke daerah asalnya,” sebutnya. Kemudian, sebut Marzuki Hamid, Pemko Langsa melalui Dinas Sosial dan Baitul Mal bekerjasama dengan KBRI di MalAysia, melakukan proses pemulangan Najarwati.

“Alhamdulillah, berkat kerjasama semua pihak, Najarwati kini sudah berada bersama keluarga dalam keadaan sehat,” paparnya. Kepala Dinas Sosial Langsa, Armia SP menjelaskan, setelah mendapati kabar Najarwati terlantar di Nalysia dari keluarganya. Dirinya segera melaporkan informasi ini kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota selaku atasannya, untuk mendapatkan masukan dan kebijakan terkait pemulangan.

Atas laporan itu, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Langsa memerintahkan Dinas Sosial dan Baitul Mal untuk segera memproses pemulangan Najarwati. Untuk pemulangan Najarwati tentunya dibutuhkan biaya, dan Pemko Langsa mengeluarkan dana Rp 10 juta untuk pemulangannya.

Najarwati mengucapkan terimakasih dan mengaku terharu atas kedatangan Wakil Wali Kota Langsa. Menurutnya, atas bantuan dan kebaikan Pemko Langsa, ia kini bisa kembali bersama keluarga dengan selamat. Jika tidak, mungkin sampai sekarang ia masih terlunta-lunta di Malaysia.(*/zb)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved