Breaking News:

Ramadhan Mubarak

Ramadhan Merupakan Pendidikan Naik Tahta

RAMADHAN merupakan bulan yang penuh hikmah dimana di dalamnya terdapat malam "Lailatul Qadar" yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan

Ramadhan Merupakan Pendidikan Naik Tahta
FOR SERAMBINEWS.COM
Prof. Dr. Apridar, S.E., M. Si

Oleh  Prof. Dr. Apridar, S.E., M. Si

RAMADHAN merupakan bulan yang penuh hikmah dimana di dalamnya terdapat malam "Lailatul Qadar" yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang penuh berkah (blessing) ini, merupakan bulan yang sangat dinanti-nanti oleh orang beriman untuk menyucikan diri dengan harapan dapat menggapai "La'allakum Tattaqun" yaitu memperoleh tingkat ketakwaan.

Peningkatan atmosfer ibadah pada bulan Ramadhan yang digelorakan kaum mukmin menjadikan bulan tersebut sebagai momentum tepat untuk mengumpulkan pundi-pundi kebajikan sebagai bekal hidup dunia dan akhirat.

Dengan adanya bonus berlipat ganda untuk berbagai kebajikan yang diperbuat pada bulan tersebut, menjadikan Ramadhan sebagai sarana pendidikan yang sangat efektif untuk percepatan menggapai kesuksesan hidup di dunia dan akhirat.

Berbagai kebajikan yang terdapat dalam bulan turunnya Alquran sebagai petunjuk yang benar bagi mahluk di dunia yang fana ini, menjadikan umat yang berilmu berusaha maksimal dalam menggapai tingkat ketakwaan. Predikat ketakwaan merupakan barometer tingkatan kemuliaan seseorang baik di dunia maupun akhirat kelak.

Bagi manusia yang mencapai derajat takwa tentu juga akan memperoleh keberkahan yaitu hidup yang lebih bermakna dengan kebaikan yang selalu bertambah. Nilai ganda dari kebaikan pada bulan Ramadhan menjadikan manusia bersemangat untuk berbuat berbagai kebajikan dalam kehidupannya. Sehingga, bulan ini sering juga disebut sebagai bulan pengumpul amal kabajikan.

Pendidikan singkat dan padat bagi yang mendapat panggilan dari Allah SWT yaitu orang beriman, menjadikan mereka sebagai pribadi mulia yang tentu akan bermanfaat bagi sekalian alam. Kebajikan yang tertanam dalam jiwa orang yang berpuasa akan terpancar secara positif dalam karakter yang paripurna. Dengan berpuasa yang benar, tubuh akan sehat sehingga mampu berbuat berbagai amal yang bermanfaat.

Bagi yang berpuasa, bulan ini tentu juga akan meningkatkan "libido adrenalin" karakter baik, hingga menghasilkan pribadi yang saleh untuk meningkatkan tingkat ketakwaan. Berbagai program latihan kebajikan yang baik tersebut akan membuka pintu hati menerima kebenaran untuk diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Perilaku mulia ini merupakan ‘koin emas’ yang sangat bermanfaat sebagai bekal untuk mengarungi kehidupan di Padang Mahsyar kelak.

Padang Mahsyar merupakan tempat yang sangat luas di mana seluruh manusia dikumpulkan, setelah mereka dibangkitkan dari kubur atau tempat lain yang Allah kehendaki untuk diadili satu per satu di hadapan Allah Subhana Wa Ta’ala  untuk ditimbang semua amalnya dan dihisap. Agar mudah saat dihisap, sangat diperlukan bekal dalam menghadapi pengadilan tersebut.

Ketakwaan merupakan bekal yang sangat baik bagi manusia untuk menolongnya agar dapat melewati timbangan perhitungan amal dengan baik. Ibadah puasa merupakan kewajiban bagi setiap insan yang ingin menyucikan jasmani dan rohani, sehingga dapat meningkatkan kualitas spiritualitas personal dalam menggapai kesuksesan hidup. Sehingga, ibadah tersebut merupakan pendidikan dalam melatih diri berbuat lebih baik lagi untuk diri pribadi dan lingkungan.

Dengan kebaikan mumpuni yang dilakukan pada bulan Ramadhan, diharapkan dapat menghapus berbagai kesalahan sehingga memperoleh "Itqun Minannar" yaitu dibebaskan dari api neraka. Cahaya iman yang begitu kentara bagi yang berpuasa di bulan Ramadhan, membuat orang mukmin begitu mudah menggapai kelulusan sehingga dapat ‘diwisuda’ pada 1 Syawal dengan predikat "Idul Fitri" yaitu suci dengan terhapusnya berbagai dosa yang melekat pada dirinya.

Dengan demikian, puasa di siang hari sebagai faridhah (kewajiban) dan qiyam di waktu malam sebagai tathawwu'ah (sunnah) merupakan pendidikan yang sangat efektif terhadap pembentukan karakter yang dapat meningkatkan tahta kehidupan dunia dan akhirat.

* Penulis adalah Guru Besar IESP Unimal dan Rektor UNIKI Aceh. Email: apridar@unimal.ac.id

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved