Breaking News:

Video

VIDEO Dayah Salafiah Darussa’adah Cot Puuk di Bireuen Tetap Eksis, Berusia Puluhan Tahun

Salah satu dayah tertua di Bireuen yaitu Yayasan Darussa’adah Cot Puuk, berlokasi di Desa Cot Puuk berjarak sekitar 2 KM arah barat Keude Gandapura.

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Kabupaten Bireuen dikenal dengan banyaknya dayah/pesantren mulai dari Gandapura sampai Samalanga sehingga Bireuen ditetapkan sebagai Kota Santri.  

Salah satu dayah tertua di Bireuen yaitu Yayasan Pendidikan Islam Darussa’adah Cot Puuk, berlokasi di Desa Cot Puuk yang berjarak sekitar 2 KM arah barat Keude Gandapura.  

Dayah Darussa’adah Cot Puuk didirikan oleh almarhum Tgk H M Al Irsyad atau lebih dikenal Abu Teupin Raya pada tahun 1967 lalu.  

Pimpinan pertama dayah tersebut almarhum Waled Abdullah dan sekarang dipimpin Tgk H M Yusuf Ali atau lebih dikenal Abon Cot Puuk.  

Menurut Abon Cot Puuk, Darussa’adah Cot Puuk merupakan dayah pertama yang dibangun setelah Darussa’adah Teupin Raya.  

Komplek dayah ini luasnya mencapai 2 hektar lebih dengan Jumlah santri tercatat 200 orang lebih yang berasal dari Bireuen dan beberapa daerah lainnya di Aceh. Sementara guru dayah mencapai 40 orang.  

Setiap Kamis malam dan Jumat siang rutin dilaksanakan juga pengajian untuk masyarakat sekitar Kecamatan Gandapura dan sekitarnya.  

Narator: Ardiansyah
Video Editor: Hari Mahardhika

Penulis: Yusmandin Idris
Editor: Hari Mahardhika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved