Breaking News:

Balap Liar Marak Selama Ramadhan, Polisi Akan Tindak Tegas

Aksi balap liar di Banda Aceh kembali marak, terlebih di bulan Ramadhan ini

FOR SERAMBINEWS.COM
Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Joko Krisdiyanto SIK 

BANDA ACEH - Aksi balap liar di Banda Aceh kembali marak, terlebih di bulan Ramadhan ini. Aksi kebut-kebutan yang sangat membahayakan pengguna jalan tersebut berlangsung di ruas Jalan Mr Muhammad Hasan, Batoh.

Informasi dihimpun Serambi, setiap harinya ada ratusan remaja yang berkumpul di Jalan Mr Muhammad Hasan, kawasan Kantor Kejati Aceh, baik jadi pembalap maupun penonton. Mereka mulai melakukan balap liar setelah shalat Tarawih hingga dini hari, dan usai shalat Subuh hingga pukul 08:00 WIB.

Aksi balap liar itu menimbulkan suara bising dari knalpot racing, sehingga mengganggu warga sekitar yang akan kembali beristirahat setelah sahur. Selain itu, aksi jalanan itu juga membahayakan pengguna jalan lainnya yang melintas di kawasan tersebut.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Joko Krisdiyanto SIK melalui Kasat Lantas, Kompol Yasnil Akbar Nasution SIK mengatakan, aksi balapan liar ini didominasi oleh para remaja.

"Aksi balap liar yang terjadi di bulan suci Ramadhan didominasi oleh para remaja yang berusia antara 15-20 tahun. Hal ini sangat mengganggu warga dalam melaksanakan ibadah di bulan yang sangat mulia ini. Maka dari itu, kami dari Satlantas Polresta Banda Aceh akan melakukan tindakan tegas terhadap para pelaku tersebut," ujar Kompol Yasnil.

Dikatakan, pihak kepolisian sangat mengharapkan dukungan para orang tua agar menasehati anaknya, supaya tidak melakukan kegiatan balap liar. Karena kegiatan tersebut merupakan pelanggaran dalam berlalulintas.

Disamping itu, Kasatlantas menegaskan akan melakukan penindakan terhadap seluruh peserta balap liar. Karena memang aksi itu sudah sangat meresahkan warga serta pengguna jalan raya lainnya.

“Para remaja ini melakukan aksi tak terpuji, yakni balap motor yang diduga disertai ajang taruhan. Beberapa pemotor tampak berjejer di jalan layaknya pembalap. Mereka menggeber-geber kendaraannya kemudian melaju kencang hingga putaran jalan yang tidak menghiraukan keselamatan dirinya maupun orang lain,” tutur Kasatlantas.

Polresta Banda Aceh saat ini sedang melaksanakan kegiatan “Operasi Keselamatan Seulawah 2021”. Salah satu sasarannya menertibkan pelanggar lalulintas.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Sofyan Helmi, mengimbau kepada orang tua yang memiliki anak remaja supaya meningkatkan pengawasan. Sehingga mereka tidak terlibat dalam aksi balap liar.

Menurut politisi PAN ini, aksi balap liar itu cukup membahayakan nyawa mereka yang ikut bualapan. Bahkan aksi itu juga mengancam keselamatan remaja lain yang ikut menonton maupun para pengguna jalan.

Dikatakan, orang tua harus benar-benar melakukan pengawasan kepada anaknya yang diberikan sepeda motor. Apalagi mereka yang kerap keluar malam atau setelah subuh. "Balap liar ini sudah meresahkan, karena menggangu warga sekitar dan para pengguna jalan, selain itu juga membahayakan nyawa mereka sendiri," ujarnya.

Sofyan Helmi juga mendukung langkah Polresta Banda Aceh yang akan menindak tegas mereka yang terlibat dalam balap liar. Karena aksi itu memang harus segera dihentikan sebelumnya jatuhnya korban.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved