Breaking News:

Dahlan Apresiasi Nova, Tepuk Tangan Bergemuruh di Sidang Paripurna

Ketua DPRA, Dahlan Jamaluddin, bersama tiga pimpinan dewan lainnya memberikan apresiasi kepada Gubernur Aceh Nova Iriansyah

HUMAS PEMERINTAH ACEH
Ketua DPRA, Dahlan Jamaluddin, berjalan bersama Gubernur Aceh Nova Iriansyah memasuki ruang sidang paripurna DPRA, Jumat (16/4/2021) 

* DPRA Bentuk Pansus LKPJ 2020

BANDA ACEH - Ketua DPRA, Dahlan Jamaluddin, bersama tiga pimpinan dewan lainnya memberikan apresiasi kepada Gubernur Aceh Nova Iriansyah, seusai membacakan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Gubernur tahun 2020 dalam Sidang Paripurna DPRA, Jumat (16/4/2021). Tepuk tangan pun bergemuruh memenuhi ruangan.

“Mari kita berikan apresiasi dan tepuk tangan serentak untuk Pak Gubernur Nova Iriansyah yang sudah membacakan LKPJ 2020 secara langsung dengan bagus,” kata Dahlan.

Sidang Paripurna Dewan itu dibuka Ketua DPRA, Dahlan Jamaluddin, didampingi tiga wakilnya, Dailami (Demokrat), Safaruddin (Gerindra) dan Hendra Budian (Golkar) pada pukul 15.30 WIB. Sidang juga dihadiri anggota Forkopimda Aceh, Sekda Aceh, dr Taqwallah MKes, Sekretaris Dewan (Sekwan) Suhaimi SH MH, para asisten dari perguruan tinggi, wartawan dan undangan lainnya.

Apresiasi dari Dahlan untuk Nova itu diberikan bukan hanya karena LKPJ dibacakan langsung oleh Gubernur, tetapi juga juga karena capaian yang diraih Pemerintah Aceh melampaui dari target yang ditetapkan tahun lalu. Di antaranya adalah target pendapatan yang terealisasi sebesar 103,11 persen, dari Rp 14,005 triliun menjadi Rp 14,441 triliun.

Demikian juga dengan realisasi belanja pembangunan yang relatif tinggi, mencapai 91,52 persen, dimana dari target Rp 15,82 triliun, terealisasi sebesar Rp 13,24 triliun. Penerimaan zakat dan infaq juga melampaui target, dari Rp 50,24 miliar, terealisasi sebesar 164,26 persen menjadi Rp 82,53 miliar.

Tidak hanya itu, dalam pelaksanaan penyaluran zakat dan infaq tahun lalu, Pemerintah Aceh mendapat penilaian terbaik dari BAZNAS Pusat. Pemerintah Aceh juga mendapat penghargaan dari BNPB sebagai fasilitator kegiatan pelatihan relawan terbaik dalam penanganan Covid-19.

Semua capaian itu dibacakan oleh Gubernur Aceh dalam laporannya setebal 48 halaman, yang kemudian mendapat apresiasi dari Ketua DPRA, Dahlan Jamaluddin, dan disambut aplaus (tepuk tangan) meriah dari seluruh anggota dewan.

Bentuk Pansus

Meski demikian, DPRA tetap akan tetap menjalankan fungsi pengawasannya terhadap LKPJ 2020 yang disampaikan Gubernur Aceh, yaitu dengan membentuk panitia khusus (pansus) LKPJ 2020. Rancangan surat pembentukan pansus itu dibacakan oleh Sekretaris Dewan (Sekwan), Suhaimi.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved