Breaking News:

Ikan Asin

Permintaan Ikan Asin Selama Ramadhan Turun

Minimnya bahan baku ikan untuk diolah menjadi ikan asin lantaran di awal Ramadhan masih minimnya nelayan yang melaut, sehingga stok ikan mulai berkura

SERAMBINEWS/SA'DUL BAHRI
Warga menjemur ikan asin yang diproduksi di kawasan Padang Seurahet, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Sabtu (17/4/2021). 

Laporan Sa'dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Permintaan konsumen terhadap ikan asin di Aceh Barat sejak awal Ramadhan mulai menurun.

“Di tengah Ramadhan ini terjadi penurunan permintaan ikan asin, sebab banyak makanan lainnya dikonsumsi untuk berbuka, sehingga permintaan semakin sedikit saat ini,” jelas pengolah ikan asin di kawasan Padang Seurahet, Kecamatan Johan Pahlawan, Erwan kepada Serambinews.com, Sabtu (17/4/2021).

Disebutkan, saat ini ada beberapa faktor kendala dalam pemasaran ikan asin seperti minimnya permintaan untuk keluar daerah, dan minimnya bahan baku ikan olahan saat ini.

Sementara ikan-ikan yang ada hanya dipasarkan di tingkat lokal saja di Aceh Barat.

Minimnya bahan baku ikan untuk diolah menjadi ikan asin lantaran di awal Ramadhan masih minimnya nelayan yang melaut, sehingga stok ikan mulai berkurang.

Pihaknya memprediksikan bahwa ikan asin melonjak kembali dengan tingginya permintaan pasar setelah lebaran nanti.

Ini 6 Cara Sederhana Meredakan Panas Dalam, Kumur Air Garam hingga Kompres Dingin

Lurah Paris Asal Aceh, Pamer Foto Sedang Baca Serambi Indonesia dengan Latar Menara Eiffel Paris

Lima Bahan Dapur Ini Bisa Dipakai untuk Mengusir Semut, Begini Caranya

Dijelaskan, harga ikan asin jenis muloh dari harga Rp 60 ribu turun ke harga Rp 50 ribu, dencis Rp 22 ribu ke Rp 18 ribu, moco dari Rp15 ribu ke Rp 10 ribu, dan ikan asin jenis lubin atau ikan ayam-ayam dari Rp 40 sekarang turun menjadi Rp 35 ribu per kilogram.

Ikan asin tersebut diproduksi sendiri dalam usaha rumah tangga yakni menggunakan jasa keluarga, sedangkan bahan baku langsung dari nelayan setiap hari sesuai dengan kebutuhan.

Hanya saja saat ini tidak semua jenis ikan asin yang dijual tersedia bahan baku, seperti ikan teri hanya ada pada musim tertentu.

Sehingga saat ini walaupun harganya sedikit menurun dari hari biasanya, akan tetapi ditambah lagi sulit mendapatkan bahan baku karena nelayan belum semuanya melaut.(*) 

Penulis: Sa'dul Bahri
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved