Breaking News:

Festival Panen Kopi Gayo

Rangkaian Panen Raya Kopi Gayo, Tahun Ini Diselenggarakan "Festival Panen Kopi Jualan" Secara Online

Mengisi masa panen kopi tahun ini, akan diselenggarakan "Festival Panen Kopi Gayo Jualan" secara online,  diselenggarakan Komunitas Rumah Budaya...

For Serambinews.com
Hardiansyah Ay. 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Mengisi masa panen kopi tahun ini, akan diselenggarakan "Festival Panen Kopi Gayo Jualan" secara online,  diselenggarakan Komunitas Rumah Budaya Gayo.

Inisiator kegiatan, Hardiansyah Ay,  yang sebelumnya sukses menyelenggarakan Festival Panen Kopi Gayo, menyebutkan,

“Festival Panen Kopi Jualan"  diselenggarakan secara online,  mencakup Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah.

Dalam penyelenggaraannya program ini berfokus pada kegiatan penjualan kopi para petani  secara online melalui website yang disediakan festival https://panenkopifest.com/shop/ an disamping itu juga akan ada kegiatan edukasi mengenai penanaman dan perawatan kebun kopi serta pemrosesan biji kopi baik secara tradisional maupun modern yang dilakukan langsung oleh petani kopi Gayo secara virtual melalui beberapa kanal media streaming, salah satunya di akun youtube Festival Panen Kopi Gayo.

"Kegiatan ini hadir dengan tujuan sebagai perpanjangan tangan para petani kopi Gayo untuk bertemu langsung dengan para pembeli yang akan membeli dengan harga yang lebih baik," ujar Hardiansyah, alumni Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Dijelaskan, dalam program  "Festival Panen Kopi Gayo Jualan" bertindak sebagai platform promosi dan penjualan kopi para petani Gayo. Diharapkan kegiatan ini dapat memperbaiki ekonomi para petani kopi Gayo kedepannya, dan dapat menstimulus jalur baru untuk penjualan kopi para petani, yang mana para petani dapat menjual kopi mereka secara mandiri dengan bertemu langsung dengan pembeli, serta dapat menjadi ajang untuk meningkatkan kualitas kopi Gayo yang diproses oleh petani sendiri.

"Kopi Gayo  dapat dimanfaatkan untuk membesarkan produk-produk hasil budaya dan kearifan lokal Gayo lainnya. Atas dasar ini Festival Panen Kopi Gayo hadir, yang tujuannya untuk mengembangkan ekonomi kreatif masyarakat setempat, baik para penduduk, seniman dan para stake holder yang ikut mendukung acara Festival Panen Kopi Gayo.

Festival Panen Kopi Gayo diharapkan juga sebagai alat membangun bersama masyarakat, seniman, pelaku dan petani kopi, dan penikmat kopi Gayo," ujar Hardiansyah.

Festival Panen Kopi Gayo adalah sebuah event yang mengombinasikan kegiatan pasar (kopi), kebudayaan dan pertunjukan kesenian dalam satu paket kegiatan yang merupakan bentuk selebrasi atas kegiatan panen raya (besar) kopi Gayo.

Luas perkebunan kopi Gayo saat ini mencapai kurang lebih 120.000 hektar,  tersebar di kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah, dan Gayo Lues. 90 persen masyarakat Gayo berprofesi sebagai petani kopi dan 80 persen diantaranya menggantungkan hidup dari pertanian kopi.

Hardiansyah menyebutkan, Covid 19 menyebabkan menurunnya harga kopi Gayo secara drastis dilingkungan para petani. Hal ini mengancam ketahanan ekonomi mereka.

"Atas hal tersebut maka pada tahun ini Festival Panen Kopi Gayo memulai sebuah program bertajuk Festival Panen Kopi Jualan secara online," demikian Hardiansyah.(*)

Baca juga: Miris! Mama Muda Diduga Tewas Saat Pesta Pil Ekstasi, Teman Dugem yang Oknum Polisi Jadi Tersangka

Baca juga: MotoGP Portugal 2021 - Sirkuit Algarve Bikin Marc Marquez Waswas, Khawatir Lengannya Bermasalah

Baca juga: SKK Migas, Premier Oil Andaman Ltd dan Mubadala Petroleum Salurkan Bantuan Pencegahan Covid-19

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved