Breaking News:

Berita Banda Aceh

Tahun Ajaran Baru, Pesantren Tahfiz Fauzul Kabir Tambah 100 Murid

"Hingga saat ini, Fauzul Kabir telah diisi oleh 250 murid, dan nanti pada Bulan Juni insya Allah kita tambah 100 murid lagi, jadi total nanti ada 350

"Hingga saat ini, Fauzul Kabir telah diisi oleh 250 murid, dan nanti pada Bulan Juni insya Allah kita tambah 100 murid lagi, jadi total nanti ada 350 murid hafiz," jelas bupati Aceh Besar, Mawardi Ali di aula SMPN 3 Fauzul Kabir, Jantho, Sabtu, (17/4/2021).

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Pemerintah Kabupaten Aceh Besar terus mendorong berbagai upaya, untuk melahirkan penghafal quran (Hafiz) di setiap gampong di seluruh Aceh Besar.

Salah satunya, dengan program tahfiz di SMP Negeri 3 Fauzul Kabir yang secara resmi dimulai pada tahun 2019 lalu.

"Hingga saat ini, Fauzul Kabir telah diisi oleh 250 murid, dan nanti pada Bulan Juni insya Allah kita tambah 100 murid lagi, jadi total nanti ada 350 murid hafiz," jelas bupati Aceh Besar, Mawardi Ali di aula SMPN 3 Fauzul Kabir, Jantho, Sabtu, (17/4/2021).

Menurutnya, para penghafal quran memiliki nilai plus yang akan bermanfaat dalam kehidupan mereka, terlebih lagi ketika dalam proses mengikuti seleksi masuk sekolah atau perguruan tinggi.

"Hafiz ini tentu memiliki nilai plus, kita dorong mereka bercita-cita sejauh mungkin, ketika mereka nanti mau menjadi perwira TNI Polri, atau sekolah kedinasan maupun sekolah lainnya, gelar "Hafiz" itu sangat berpengaruh akan nilai," ujar dia.

Ia berharap dengan program 1 gampong 1 hafiz, dan dengan total gampong di Aceh Besar, maka minimal Aceh Besar akan memiliki 604 hafiz.

Baca juga: 10 Negara Berikut Jadi Rumah Para Miliarder Dunia, Termasuk Tiga dari Asia

Dengan begitu, lanjut dia, di masa depan nantinya Kabupaten Aceh Besar akan memiliki calon-calon pemimpin dan masyarakat generasi qurani.

"Saya sangat bangga melihat mereka yang masih berumur 12 tahun ada yang sudah hafal 5 juz, ada yg 7 juz, mereka ini nanti akan mengisi seluruh lini kehidupan masyarakat dengan kepribadian qurani," tutur Mawardi Ali.

Bupati Aceh Besar juga akan memberikan penghargaan, kepada murid-murid yang bisa menghafal 10 juz alquran.

"Secara pribadi, saya janji akan memberi _reward_ kepada anak-anak kami yang tembus hafalannya 10 juz, nanti kita minta datanya, akan kita test ulang dan yang tertinggi nanti akan saya tanggung sekolahnya di SMA Tahfiz".

Sementara itu, ketua MPD (Majelis Pendidikan Daerah) Aceh Besar, Prof Dr Mustanir Yahya mengharapkan agar seluruh ayat Alquran yang dihafalkan bisa diterapkan kedalam kehidupan sehari-hari.

"Ilmu Alquran itu sangat sempurna, ketika itu diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari, maka secara otomatis kita akan dinaikkan derajatnya oleh Allah, karena Allah sangat menspesialkan para penghafal Quran," jelas dia. (*)

Baca juga: PT ASN Salurkan Bantuan Dana CSR untuk Janda dan Anak Yatim Korban Konflik Aceh

Penulis: Subur Dani
Editor: Nurul Hayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved