Breaking News:

Teuku Hamid Azwar Diusul jadi Pahlawan: Ampon Samalanga Penyumbang Pesawat dan Kapal untuk Republik

CTC tidak hanya memasok senjata, amunisi, dan obat-obatan kepada TNI, tetapi juga melakukan pembelian pesawat AVRON ANSON dan Kapal Laut PBB 58 LB

Serambinews.com
Seminar pengusulan Letnan Kolonel (Purn) Teuku Abdul Hamid Azwar sebagai Pahlawan Nasional yang berlangsung di Dinas Sosial Aceh, Jumat (16/4/2021). 

Teuku Hamid Azwar Diusul jadi Pahlawan: Ampon Samalanga Penyumbang Pesawat dan Kapal untuk Republik

Laporan Yocerizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh, Jumat (16/4/2021) kemarin menggelar seminar tingkat Provinsi Aceh.

Seminar tersebut membahas tentang sosok Letnan Kolonel TNI (Purn) Teuku Abdul Hamid Azwar. Pejuang sekaligus pemikir.

Seminar itu merupakan bagian dari sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengusulkan Teuku Abdul Hamid Azwar sebagai Pahlawan Nasional.

Seminar berlangsung secara online dan offline di Dinas Sosial Aceh, dan dihadiri puluhan perserta dari berbagai unsur masyarakat. Pihak ahli waris juga turut hadir, yakni Pocut Haslinda Azwar.

“Kegiatan seminar ini untuk memenuhi persyaratan penetapan Letnan Kolonel TNI (Purn) Teuku Abdul Hamid Azwar sebagai pahlawan nasional,” kata Kepala Dinas Sosial Aceh, Yusrizal dalam pidato sambutannya.

Disamping untuk memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud, Yusrizal menyampaikan, seminar juga bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang sosok Letnan Kolonel TNI (Purn) Teuku Abdul Hamid Azwar.

Baca juga: Ternyata Sarinah Lahir dari Tangan Seorang Aceh Bernama Teuku Hamid Azwar

Baca juga: Kisah ‘The Black Speed Boat’, Kapal Laut Sumbangan Saudagar Aceh yang Melegenda di Selat Malaka

Baca juga: Keluarga Tun Sri Lanang Wakaf Tanah untuk Bireuen

Kepala Dinas Sosial Aceh ini juga menambahkan, melalui seminar ini, diharapkan akan membuka tabir tentang kiprah putra terbaik Aceh dalam mempertahankan NKRI pascakemerdekaan, maupun keterlibatannya dalam merebut kemerdekaan.

"Rekomendasi akan kita disampaikan kepada Pemerintah Pusat di Jakarta bahwa Letnan Kolonel TNI (Purn) Teuku Abdul Hamid Azwar layak dinobatkan menjadi Pahlawan Nasional dari Aceh," kata Yusrizal.

Halaman
1234
Penulis: Yocerizal
Editor: Yocerizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved