Breaking News:

Berita Bireuen

DPMPTSP Bireuen Segera Lakukan Penertiban Perizinan Berusaha

Selain masalah perizinan, banyak baliho dan reklame di ruas jalan kawasan Bireuen rusak dan perlu diganti.

hand over dokumen pribadi
Kepala DPMPTSP Bireuen, Bob Mizwar SSTP MSi 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Sejak beberapa waktu lalu Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu  atau DPMPTSP Bireuen  bersama timnya sudah turun ke sejumlah tempat usaha di Bireuen melakukan sosialisasi, penyampaian informasi  kebijakan terkait pelaksanaan izin berusaha.

Kepala DPMPTSP Bireuen, Bob Mizwar SSTP MSi kepada Serambinews.com, Senin (19/04/2021) mengatakan, kegiatan turun kelapangan bersama timnya telah dilakukan sejak awal Januari 2021 lalu dan dalam waktu dekat tim akan turun kembali melakukan penertiban perizinan berbagai bidang usaha.

Adapun kebijakan tersebut antara lain pembinaan, pemantauan dan penertiban perizinan terhadap bidang usaha Toserba/swalayan, penyelenggaraan reklame.

Kemudian,  dilakukan juga sosialisasi penyesuaian perizinan Rumah Sakit sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit.

Kegiatan ini melibatkan lintas organisasi perangkat daerah diantaranya Dinas DPMPTSP, Dinas Perindagkop UKM, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, DLHK, Dinas Kominsa dan Satpol PP.

Disebutkan, selama sosialisasi serta peninjauan dilakukan terhadap perizinan berusaha Toserba/swalayan yang beroperasi dalam di Bireuen, sebagian Toserba/swalayan ditemukan masih  banyak yang belum memenuhi komitmen perizinan berusaha sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 2018 tentang Perizinan Berusaha Secara Elektronik.

Baca juga: Fakta Dokter Lecehkan Pasien Wanita, Mainkan Bagian Intim Korban yang Keputihan, Sudah Saling Kenal

Baca juga: Bocah Ini Dulu Dibuang Ibu Kandung, Kini Hidup Bahagia Jadi Anak Kapolres, Disayang Mama Baru

Baca juga: Fakta Pria dan Wanita Mandi Bareng di Bak Truk, Akui Ingin Viral hingga Minta Maaf

Baca juga: VIDEO Kondisi Terkini Ustadz Zacky Mirza Setelah Jatuh Pingsan saat Sedang Berceramah

Mendapati banyak yang belum memenuhi komitmen kata Bob Mizwar, tim DPMPTSP  memberikan edukasi agar pelaku usaha dimaksud dapat segera mengurus komitmen perizinan berusaha sesuai dengan ketentuan, sehingga izin usahanya dapat berlaku efektif.

Menjawab Serambinews,com penyebab pelaku usaha belum mengurus izin berusaha, Bob Miswar mengatakan, pengakuan beberapa pelaku usaha toserba disebabkan ketidaktahuan mereka mengingat dengan telah terbitnya Nomor Induk Berusaha (NIB)  menurut mereka proses perizinan sudah selesai.

Padahal masih ada satu tahapan lagi yaitu pemenuhan komitmen perizinan berusaha yang melibatkan tim teknis perizinan kabupaten.

“Mereka sudah dianjurkan untuk segera mengurus izin berusaha,” ujar Bob Mizwar.

Baca juga: VIDEO Ustadz Zacky Mirza Pingsan saat Ceramah di Pekanbaru Riau

Baca juga: Akhlak Mulia Penyebab Terbanyak Kedua Masuk Surga, Simak Penjelasan Ustadz Masrul Aidi

Baca juga: Anggota DPRA Ini Putus Harapan Soal Pilkada 2022: Tak Masalah 2024, Tapi Otsus Harus Abadi

Selain masalah perizinan, banyak baliho dan reklame di ruas jalan kawasan Bireuen rusak dan perlu diganti, bahkan ada yang sudah diperintahkan untuk dibongkar.   

Bob Mizwar mengingatkan para pelaku usaha dapat memenuhi semua ketentuan perizinan berusaha, baik terkait Nomor Induk Berusaha, pemenuhan komitmen berusaha dan tentu saja membayar pajak dan atau retribusi sesuai dengan jenis usaha dan ketentuan yang berlaku.

Ditambahkan, dalam waktu dekat tim gabungan akan turun kembali melakukan penertiban mulai dari melihat  izin berusaha dan juga ketentuan lainnya, terakhir penertiban secara keseluruhan sampai kepada baliho yang habis izinnya ditertibkan. 

“Kita ingin ciptakan kondisi yang tertib dan nyaman, meningkatkan keindahan wajah kota sekaligus memaksimalkan pendapatan daerah,” ujar Bob Mizwar.(*)

Penulis: Yusmandin Idris
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved