Breaking News:

Berita Aceh Barat

Kamil Syafruddin Pimpin APRI Aceh Barat

Pembentukan pengurus Asosiasi Penghulu RI ini merupakan pembentukan perdana di Kabupaten Aceh Barat.

Dok Kemenag Aceh Barat
Pengurus APRI berpose bersama pada kegiatan rapat pembentukan kepengurusan di Aula Kantor Kemenag di Meulaboh, Senin (19/4/2021). 

Laporan Sa'dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - H Kamil Syafruddin Lc secara resmi terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Cabang Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI),Kabupaten Aceh Barat Masa Bakti 2021-2025.

Terpilihnya penghulu muda itu, berdasarkan voting suara pada Rapat Fasilitasi Pembentukan Pengurus Cabang APRI Aceh Barat yang berlangsung di Aula Kantor Kementerian Agama di Meulaboh, Senin (19/4/2021).

Dalam pemilihan ketua tersebut diikuti oleh empat calon kandidat yang ditunjuk langsung oleh peserta pemilih dari unsur penghulu dan pembina penghulu.

Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Drs H Jakfar mengatakan, dari keseluruhan peserta, Kamil Syafruddin unggul dari tiga kandidat lainnya, dengan perolehan 8 suara. Sementara Marhajadwal SAg MA dan Narjun Ikhsan SAg memperoleh 5 suara dan Furqan SAg memperoleh 1 suara.

“Seluruhnya ada 19 suara sah dari 19 orang pemilih,” sebut Jakfar.

Jakfar menambahkan, pembentukan pengurus Asosiasi Penghulu RI merupakan pembentukan perdana di Kabupaten Aceh Barat. Hal itu merupakan amanat dari pengurus provinsi untuk memilih pengurus di tingkat kabupaten/kota.

Baca juga: Kisah Pemuda 28 Tahun Nikahi PNS 53 Tahun dengan Mahar Rp 173.000: Dia Hadiah Ultah Terindah

Baca juga: Arab Saudi Bantah Lakukan Pertemuan Langsung dengan Iran, Hubungan Diplomatik Sudah Putus 4 Tahun

Baca juga: Lusinan Karpet Terbaik Dunia Menutupi Lantai Kamar Nabi Muhammad di Masjid Nabawi

Baca juga: VIDEO - 6 Tahun Tak Punya Tetangga, Pemilik Rumah: Sunyi Tenteram, Jauh dari Ghibah

Ia berharap, dengan terbentuknya pengurus asosiasi penghulu, ke depan setiap permasalahan akan diselesaikan secara bersama dengan menyamakan persepsi antar penghulu.

“Siapapun pemimpinnya, harus saling mendukung,” pesannya.

Sementara itu, Plh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, Drs Tharmizi menyampaikan, wadah yang sudah terbentuk harus dijalankan dengan sebaik mungkin. Sebab, sebuah wadah sangat mudah dibentuk, namun sangat sulit dalam menjalankannya. 

Selain itu, asosiasi penghulu juga harus mampu mengayomi dan menjalankan program asosiasi dalam meningkatkan mutu dan kualitas penghulu dengan baik, serta melaksanakan rapat evaluasi secara berkala dalam meningkatkan profesionalitas dan kompetensi dalam membentuk kepenghuluan yang unggul.

“Dalam menjalankan asosiasi jangan ada sifat egois,” tegasnya.

Baca juga: Miss Teen Star Aceh 2021 Sebut Ogah Jadi Kaum Rebahan Saat Berpuasa 

Baca juga: Pelaku Usaha Pariwisata Kopi Gayo di Tanah Gayo Keluhkan Lemahnya Jaringan Internet

Baca juga: Badan Amal Ehsan Arab Saudi Berhasil Kumpulkan Sumbangan Rp 1 Triliun, Hanya Dalam 24 Jam

Selain itu, Ketua Cabang APRI Aceh Barat terpilih, H Kamil Syafruddin Lc mengucapkan terimakasih atas kepercayaan kepada dirinya untuk memimpin asosiasi penghulu Kabupaten Aceh Barat.

Ia menyampaikan, dalam kepengurusan akan direkrut seluruh penghulu di Kabupaten Aceh Barat dengan membentuk tiga bidang kepengurusan.

Dalam kepemimpinannya, Kamil memfokuskan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme penghulu terhadap penyusunan daftar usulan penilaian angka kredit (Dupak) dan persamaan pemahaman regulasi terkait dengan kepenghuluan.(*)

Penulis: Sa'dul Bahri
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved