Breaking News:

Berita Aceh Tamiang

Pelajar di Aceh Tamiang Ikuti Dinul Islam

Program Dinul Islam ini merupakan kebijakan Disdikbud Aceh Tamiang dengan didasari kalender pendidikan Pemerintah Aceh.

Dok Disdikbud
Kabid Dikdas Disdikbud Aceh Tamiang Bambang Supriyanto saat meninjau penyelenggaraan Dinul Islam di SMPN 4 Percontohan, Senin (19/4/2021). 

Laporan Rahmad Wiguna | Aceh Tamiang

SERAMBINEWS.COM, KUALASIMPANG – Pelajar tingkat SD dan SMP di Aceh Tamiang mengikuti program Dinul Islam yang mulai dilangsungkan Senin (9/4/2021) hingga 6 Mei mendatang.

Kegiatan ini dilakukan di masing-masing sekolah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, yakni membatasi jumlah murid dan mewajibkan seluruh siswa dan guru memakai masker.

“Jumlah pelajar kita batasi dengan cara membagi dua kelompok, kelompok pertama pada minggu pertama, kelompok berikutnya pada minggu kedua,” kata Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tamiang, Zulfiqar, Senin (19/4/2021).

Zulfiqar menjelaskan program Dinul Islam merupakan kebijakan Disdikbud Aceh Tamiang dengan didasari kalender pendidikan Pemerintah Aceh.

Program ini sekaligus untuk mengisi waktu luang pelajar di masa pandemi Covid-19 yang berdampak belum normalnya aktivitas belajar di sekolah.

“Harapan kita program ini bisa meningkatkan dan memantapkan pemahaman dan pengamalan ajaran Islam bagi seluruh pelajar di Aceh Tamiang,” ujarnya.

Baca juga: MaTA: Korupsi Dana KIP Agara, Tidak Hanya Berdiri Pada Dua Terdakwa

Baca juga: Musabaqah Tunas Ramadhan Aceh di Aceh Singkil, Panitia Kebut Persiapan Lokasi Acara

Baca juga: VIDEO - Hukum Sengaja Tidak Puasa di Bulan Ramadhan, Ulama Aceh: 330 Qadha Puasa Tak Sebanding

Baca juga: Kasus Covid-19 di Langsa Terus Bertambah Menjadi 25 Orang, Meninggal Dunia Sudah 19 Orang 

Dia menerangkan penyelenggaraan Dinul Islam ini diisi dengan materi keislaman tentang keimanan, ketaqwaan, ibadah, ahlak dan mencintai Alquran.

Untuk meninkatkan kompetensi belajar, masing-masing siswa mengawali kegiatan Dinul Islam dengan shalat duha, membaca Alquran dan dilanjutkan dengan praktik diniyah yang meliputi praktik wudhu, shalat wajib, shalat jenazah, ceramah dan kegiatan keislaman lainnya.

Kabid Dikdas Disdikbud Aceh Tamiang Bambang Supriyanto menambahkan penyelenggaraan hari pertama berlangsung lancar dengan angka kehadiran pelajar tinggi.

Hal ini disampaikannya usai meninjau langsung beberapa sekolah yang menjalankan program Dinul Islam.
“Antusias pelajar tinggi, ini terbukti dengan angka kehadiran tinggi.,” ujarnya.

Dia menjelaskan untuk tingkat SD program ini dimulai pukul 08.30 WIB hingga 11.00 WIB, sedangkan SMP berlangsung lebih lama, yakni 08.30 – 11.30 WIB.(*)

Penulis: Rahmad Wiguna
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved