Breaking News:

Sisa Pondasi Jembatan di Blok Sawah Kerap Picu Banjir

Wakil Ketua DPRA, Dalimi, memdesak Pemkab Pidie, membongkar sisa pondasi jembatan Blok Sawah yang dibangun tahun 1980-an

SERAMBINEWS/MUHAMMAD NAZAR
Petugas membersihkan sampah satu rumpun bambu yang tersangkut di Jembatan Blok Sawah, Kecamatan Kota Sigli, Minggu (16/2/2020). 

SIGLI - Wakil Ketua DPRA, Dalimi, memdesak Pemkab Pidie, membongkar sisa pondasi jembatan Blok Sawah yang dibangun tahun 1980-an. Sebab, bangunan itu kerap menghambat laju air Krueng Baro saat hujan deras akibat terhalang sampah dan batang kayu, sehingga kerap memicu banjir di kawasan itu.

"Warga beberapa gampong di Kecamatan Kota Sigli hingga Gampong Tanjong Krueng, resah karena sisa pondasi jembatan itu sering memicu genangan ke wilayah Kota Sita Sigli dan Tanjung Krueng, Blang Asan, hingga Perumnas Rawa, Kecamatan Pidie," jelas Dalimi kepada Serambi, Minggu (18/4/2021).

Berdasarkan laporan beberapa keuchik di Kecanatan Kota Sigli, sambungnya, dalam sepeluh tahun terakhir setiap kali hujan deras, sungai itu sering meluap hingga menggenangi pemukiman penduduk. Untuk itu, Dalimi berharap Pemkab Pidie segera membongkar sisa jembatan tersebut atau mencari solusi lain yang mungkin dilakukan.

Terpisah, Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud ST, kepada Serambi, Minggu (18/4/2021), mengatakan, sisa pondasi yang berada di kolong jembatan sangat keras sehingga terkendala untuk dibongkar. Karena itu, menurutnya, saat hujan deras di lokasi tersebut selalu disiagakan alat berat. Tujuannya, untuk memindahkan sampah yang menumpuk di sisa pondasi itu.

"Bila DPRA mendukung, Pemkab Pidie akan mengusulkan pembangunan jembatan baru pada lokasi yang sama dengan posisi lebih tinggi dari permukaan air sungai. Sehingga nanti  jembatannya melengkung," ujar Fadhlullah.

Wabup menambahkn, pihaknya juga akan mendata kebutuhan secara ril untuk pembangunan fasilitas penyeberangan masyarakat di Kota Sigli, itu agar dapat diusulan ke provinsi . "Banyak manfaat dengan adanya jembatan baru terutama bagi keselamatan warga," jelasnya. (c43)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved