Breaking News:

Kesehatan

Wanita yang Baru Selesai Masa Nifas Dianjurkan Tidak Berpuasa Dahulu, Begini Penjelasan Medis

Ketika selesai masa nifas, ibu diharuskan banyak mengonsumsi makanan dan asupan cairan, itu sebabnya si ibu dianjurkan untuk tidak berpuasa dahulu.

Penulis: Firdha Ustin | Editor: Zaenal
Thinkstockphotos
Ilustrasi 

SERAMBINEWS.COM - Salah satu kodrat wanita adalah mengandung dan melahirkan.

Nah, setelah wanita melahirkan, mereka memasuki masa nifas.

Masa nifas ini berlangsung selama 40 hari atau enam minggu setelah melahirkan.

Masa ini ditandai dengan keluarnya darah layaknya mengalami menstruasi selama 40 hari.

Namun, jika masa nifas baru saja selesai dan ia sudah dalam keadaan suci, ahli medis menyarankan untuk tidak berpuasa dahulu meskipun dalam agama sudah bisa diperbolehkan untuk puasa.

Alasan medisnya ialah jika seorang wanita yang baru saja selesai masa nifas, tubuh mereka rentan terjadi penggumpalan darah.

Kondisi ini nantinya akan semakin parah jika si ibu mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Hal itu diungkapkan oleh spesialis kandungan dr Rizka Aditya Sp OG, saat menjadi narasumber dalam Podcast Serambi FM yang berjudul Tips Sehat Berpuasa, Meski Hamil dan Menyusui dan juga ditayangkan secara langsung melalui Facebook Serambi FM pada Minggu (18/4/2021).

Baca juga: 5 Tips Mudah Menjalankan Ibadah Puasa Bagi Ibu Menyusui

Baca juga: Ibu Menyusui Boleh Berpuasa, Boleh Juga Tidak Berpuasa, Simak Ulasan Buya Yahya

Baca juga: Ibu Menyusui Ingin Berpuasa di Bulan Ramadhan? Ini Hal Penting yang Harus Diperhatikan

dr Rizka Aditya, Sp.OG (sudut kiri) saat menjadi narasumber Serambi FM membahas Tips Sehat Berpuasa, Meski Hamil dan Menyusui dan juga disiarkan secara langsung melalui Facebook Serambinews.com pada Minggu (18/4/2021).

dr Rizka Aditya, Sp.OG (sudut kiri) saat menjadi narasumber Serambi FM membahas Tips Sehat Berpuasa, Meski Hamil dan Menyusui dan juga disiarkan secara langsung melalui Facebook Serambinews.com pada Minggu (18/4/2021). (Facebook Serambinews.com)

"Ada beberapa literatur yang mengatakan, ibu yang baru selesai nifas, awal-awal selesai nifas, sebaiknya tidak berpuasa dulu karena di situ masih ada kekentalan darah. Kalau ibunya dalam kondisi dehidrasi, itu sangat berbahaya bagi ibunya," katanya.

Ketika selesai masa nifas, ibu diharuskan banyak mengonsumsi makanan dan asupan cairan, itu sebabnya si ibu dianjurkan untuk tidak berpuasa dahulu.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved