Breaking News:

Banda Aceh Milik Kita

Melalui momentum HUT Ke-816, Wali Kota Aminullah mengajak masyarakat untuk terus bersama-sama melangkah, menjaga Banda Aceh menjadi pusat pendidikan

Banda Aceh Milik Kita
FOR SERAMBINEWS.COM

* HUT Ke-816 Kota Banda Aceh

Melalui momentum HUT Ke-816, Wali Kota Aminullah mengajak masyarakat untuk terus bersama-sama melangkah, menjaga Banda Aceh menjadi pusat pendidikan, perdagangan, kota budaya, dan menjadi daya tarik bagi wisatawan dengan tetap memegang teguh syariat Islam.

HARI ini, Kamis 22 April 2021, Kota Banda Aceh genap berusia 816 tahun. Kota ini dibangun oleh Sultan Johan Syah pada Jumat, 1 Ramadhan 601 H/22 April 1205 M.

Banda Aceh yang dulu dinamai Kutaraja merupakan salah satu kota Islam tertua di Nusantara dan bahkan Asia Tenggara. Pada masa kesultanan, Banda Aceh berperan pen ting dalam penyebaran Islam ke seluruh Indonesia.

Karena perannya tersebut, kota ini juga dikenal sebagai Serambi Mekkah. Di masa jayanya, Banda Aceh merupakan kota regional utama yang juga dikenal sebagai pusat pendidikan Islam dan perdaga ngan.

Tidak mengherankan, kota ini kemudian dikunjungi oleh ba nyak orang dari Timur Tengah, India, dan negara-negara lain. Kerajaan Aceh mencapai puncak kegemilangannya saat dipimpin Sultan Iskandar Muda (1607-1636), yang merupakan Sultan termahsyur dalam sejarah Aceh. Banyak pelajar dan pedagang pendatang akhirnya menetap di Aceh dan menikah dengan perempuan lokal. Hal ini menyebabkan adanya pembauran budaya.

Hingga kini, budaya-budaya tersebut masih menyisakan pemandangan di sudut-sudut kota. Misalnya, budaya pecinan di Gampong Peunayong dan peninggalan kuburan Turki di Gampong Bitai. Syahdan, tepat di Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-816 Banda Aceh kali ini, diperingati dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRK setempat.

“Banda Aceh Milik Kita” pun dipilih sebagai tema milad. Wali Kota Aminullah Usman dan Wakil Wali Kota Zainal Arifi n mengajak seluruh elemen masyarakat untuk membangun kesadaran memiliki mencintai kota ini. Melalui mo mentum HUT Ke-816, Wali Kota Ami nullah mengajak masyarakat untuk terus bersama-sama melangkah, menjaga Banda Aceh menjadi pusat pendidikan, perdagangan, kota budaya, dan menjadi daya tarik bagi wisatawan dengan tetap memegang teguh syariat Islam.

Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, HUT Banda Aceh kali ini tidak diperingati seperti biasa dengan berbagai kegiatan meriah yang melibatkan masyarakat banyak. Karenanya, Pemko Banda Aceh bersama DPRK hanya menggelar acara sidang paripurna dan kegiatan sosial santunan anak yatim saja serta event olahraga yang bersifat internal sebagai ajang silaturahmi antar OPD guna mewujudkan semangat dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Di usianya yang menginjak 816 tahun dan di usia lebih kurang tiga tahun kepemimpinan Amin-Zainal, banyak pencapaian yang telah diraih “Kota Gemilang.” Indikatornya dapat dilihat dari berbagai prestasi dan penghargaan yang sudah ditorehkan, terutama dalam setahun terakhir.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved