Breaking News:

Pilkada Aceh

Nasir Djamil Optimistis Mahfud MD akan Berkoordinasi dengan Presiden Terkait Pilkada Aceh

Saya sampaikan juga, sebagai anggota DPR RI tentu saya berkesimpulan bahwa sebagai pembantu Presiden, dalam hal Pilkada di Aceh, setelah Menko Polhuka

Penulis: Fikar W Eda | Editor: Ansari Hasyim
FOR SERAMBINEWS.COM
Mahfud MD (tengah) bersama politisi dan tokoh Aceh. Ikut berfoto staf khusus Menko Polhukam (dua dari kanan) di Ruang Bima Kantor Menkopolhukam Jakarta, Selasa (20/4/2021). Tokoh Aceh yang hadir Ketua Forum Bersama (Forbes) Anggota DPR dan DPD RI asal Aceh M Nasir Djamil, Ketua DPR Aceh M Dahlan Jamaluddin, Anggota Komisi VI DPR RI asal Aceh Rafli Kande, pengamat politik nasional Fachry Ali dan tokoh perempuan Suraiya IT 

Laporan Fikar W Eda I Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi II DPR RI yang juga Ketua Forum Bersama (Forbes) Anggota DPR dan DPD RI asal Aceh, M Nasir Djamil mengatakakan bahwa dirinya mengasumsikan Menko Polhukam Mahfud MD segera melakukan koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait sehubungan dengan aspirasi Pilkada Aceh 2022 dan melaporkannya kepada Presiden.

“Sebagai anggota DPR RI, setelah mendengarkan respons Pak Mahfud dalam pertemuan dengan kami lima orang politisi dan tokoh Aceh, bahwa Pak Menko Plhukam segera melakukan koordinasi dan melaporkannya kepada Presiden. Itu memang asumsi saya setelah pertemuan yang kemudian kami sampaikan ke media,” kata Nasir Djamil di Jakarta, Kamis (22/4/2021).

“Saya sampaikan juga, sebagai anggota DPR RI tentu saya berkesimpulan bahwa sebagai pembantu Presiden, dalam hal Pilkada di Aceh, setelah Menko Polhukam berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait, tentu hasilnya akan disampaikan ke Presiden. Sebab mengelola daerah berlabel Otsus tentu beda dengan daerah yang otonomi biasa,” tambah Nasir Djamil.

Seperti diberitakan sebelumnya, lima politisi dan tokoh Aceh, Nasir Djamil Anggota Komisi II yang juga Ketua Forbes Anggota DPD dan DPD RI asal Aceh, M Dahlan Jamaluddin Ketua DPR Aceh, Rafli Kande Anggota Komisi VI DPR RI asal Aceh, Fachry Ali pengamat politik nasional dan tokoh perempuan Aceh Suraiya IT diterima Menko Polhukam Mahfud MD di Kantor Kemenkopolhukam Jakarta, Selasa (20/4/2021). Hadir dalam pertemuan itu Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri dan Direjen AHU Kementerian Hukum dan Ham serta sejumlah deputi di Kemenkopolhukam.

Pertemuan tersebut seperti disampaikan Nasir Djamil terkait dengan aspirasi pelaksanaan Pilkada Aceh 2022.

Ketua Forbes Nasir Djamil menyampaikan, pertemuan tersebut sebagai bagian dari upaya diplomasi untuk pelaksanaan Pilkada Aceh 2022. Serunya, pertemuan juga diisi dengan lantunan nyanyian Aceh, didendangkan pengamat politik Fachry Ali dan wakil rakyat Rafli Kande secara bergantian. Fachry Ali melantunkan tiga lagu. “Jadi ini adalah diplomasi lagu untuk Pilkada Aceh,” kata Nasir Djamil menceritakan jalannya pertemuan.

Politisi PKS itu menyampaikan, barangkali itulah satu-satunya pertemuan serius yang disuarakan antara lain dengan lagu. Jadi suasananya benar-benar cair. “Para deputi di Kemenko Polhukam mengaku pertemuan itu sebagai sebuah kejutan,” ujar Nasir Djami.

Seperti disampaikan Nasir Djamil, bahwa Menko Polhukam Mahfud MD segera melakukan konsultasi aspirasi pilkada Aceh dan melaporkannya kepada Presiden Joko Widodo. Ia menjanjikan akan segera ada keputusan tentang Pilkada Aceh ini.

“Asumsi saya, setelah mendengarkan Pak Mahfud, bahwa akan segera dilakukan konsultasi dan melaporkan ini kepada Presiden. Kemudian akan ada keputusan politik soal Pilkada Aceh,” ujar Nasir Djamil.

“Saya menangkap pesan tersirat dari Pak Mahfud, agar di Aceh melakukan konsolidasi menyeluruh baik provinsi maupun kabupaten/kota,” lanjut ujar Nasir Djamil.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved