Breaking News:

Jurnalisme Warga

Siswa Pintar Menulis, Mimpi Besar Pak Kepsek

Sekolah kami ini juga populer dengan sebutan SMA Jakarta, karena pembangunannya kembali pascatsunami disumbang oleh keluarga besar SMA DKI Jakarta

Siswa Pintar Menulis, Mimpi Besar Pak Kepsek
FOR SERAMBINEWS.COM
AHMAD FADHILLA, Siswa SMA Negeri 4 Banda Aceh dan anggota Kelas Menulis, melaporkan dari Banda Aceh

OLEH AHMAD FADHILLA, Siswa SMA Negeri 4 Banda Aceh dan anggota Kelas Menulis, melaporkan dari Banda Aceh

BAKHTIAR adalah Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Banda Aceh, tempat saya menuntut ilmu. Sekolah kami ini juga populer dengan sebutan SMA Jakarta, karena pembangunannya kembali pascatsunami disumbang oleh keluarga besar SMA DKI Jakarta.

Pria setengah baya ini punya harapan besar untuk menggalakkan kegiatan menulis bagi siswa di lembaga pendidikan yang dipimpinnya. Keinginan itu terlihat jelas dari semangatnya saat bertanya kepada saya, bagaimana jika kita bikin kegiatan kelas menulis di sekolah ini? “Sudah sejak lama saya mengharapkan terwujudnya program ini,” ucap Pak Bakhtiar yang berkeinginan untuk menggaungkan minat literasi di kalangan siswa dan siswi di sekolah bergengsi ini.

Ia selalu berpesan agar muridnya dilatih dan dibimbing seni merangkai kata untuk menghasilkan karya tulis. Ia berharap siswa wajib menguasai kemampuan menulis sejak dini. Menyahuti keinginan tersebut, beberapa guru berdiskusi ringan, lalu membentuk tim kerja atau bisa disebut sebagai “tim literasi” yang bertujuan untuk merekrut anggota pada program “Kelas Menulis” di SMAN 4 Banda Aceh.

Langkah awal yang dilakukan tim literasi mini ini adalah mendesain flayer dengan gaya bahasa menarik dan ditambahkan gambar unik. Info pendaftaran ini pun ditempelkan di setiap majalah dinding (mading) sekolah, juga dibagikan via grup WhatsApp masing- masing kelas siswa. Melihat peluang yang memikat ini, tentunya peminat seni menulis akan memanfaatkannya, saya salah satunya.

Sehingga, sehari setelahnya, para siswa yang terdiri atas kelas satu sampai kelas dua yang meminati bidang ini, mulai mendaftarkan diri pada tim literasi. Hampir semua pendaftar wanita yang memiliki motivasi besar dalam menekuni bidang tulis-menulis.

Kelas menulis adalah program ekstrakurikuler dan merupakan kegiatan literasi perdana yang diadakan di SMA Negeri 4 Banda Aceh. Program menulis ini terbagi atas dua kelas, yaitu sastra dan artikel. Diharapkan dengan adanya program literasi ini dapat meningkatkan kreativitas siswa serta menghidupkan literasi di lingkungan sekolah secara optimal.

Secara simbolis, pada 24 Maret 2021, Kepala SMAN 4 Kota Banda Aceh, Bakhtiar SPd me-launching kelas menulis untuk para siswa di sekolah yang berlokasi di Jalan Panglima Nyak Makam, Gampong Kota Baru, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh ini.

Pak Bakhtiar tampak senang karena program Kelas Menulis berhasil dijalankan di sekolah ini. “Saya sudah lama menginginkan hal ini, tapi baru sekarang terlaksana,” ucapan tersebut terdengar jelas saat Bakhtiar berorasi di depan siswa.

Ia tampak tersenyum, seakan ada mimpi besar yang telah menjadi nyata di depan matanya. Menurut beliau, sejak menjabat kepala sekolah, ia sudah bercita-cita mengajarkan ilmu menulis bagi siswa, tetapi tidak pernah tercapai. Ia mendukung penuh program kelas menulis. Semua siswa harus serius mengikutinya sehingga target menerbitkan buku dalam waktu setahun bisa tercapai.

Halaman
123
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved