Breaking News:

Berita Aceh Besar

Bantuan Zakat Lansia di Aceh Besar Tetap Diselesaikan, Ini Penjelasan Kepala Sekretariat Baitul Mal

Sejumlah warga lansia di Aceh Besar yang mengeluhkan hal tersebut berasal dari Kecamatan Lhoong, Pulo Aceh dan Peukan Bada.

zakat.or.id
Ilustrasi zakat 

Sejumlah warga lansia di Aceh Besar yang mengeluhkan hal tersebut berasal dari Kecamatan Lhoong, Pulo Aceh dan Peukan Bada.

Laporan Misran Asri | Aceh Besar

SERAMBINEWS.COM, JANTHO - Warga lanjut usia (lansia) penerima zakat yang tersebar di sejumlah kecamatan di Aceh Besar mengungkapkan, kekhawatiran mereka terhadap penyaluran zakat yang sebelumnya rutin diterima dari Baitul Mal Aceh Besar melalui salah satu bank konvensional mulai terhenti.

Pasalnya bank konvensional tempat zakat lansia tersebut disalurkan itu sebelumnya sudah tidak berkantor lagi di Aceh dan seluruh operasional kini sudah berpindah ke Sumatera Utara.

Sejumlah warga lansia di Aceh Besar yang mengeluhkan hal tersebut berasal dari Kecamatan Lhoong, Pulo Aceh dan Peukan Bada.

"Para warga lansia gundah, karena rekening bank konvensional yang sebelumnya menjadi bank yang ditunjuk untuk menyalurkan zakat lansia mereka sudah menutup seluruh operasionalnya di Aceh," kata seorang warga Lhoong, kepada Serambinews.com, Minggu (25/4/2021).

Baca juga: VIDEO Tumpukan Sampah Selama Ramadhan Menimbulkan Bau Tak Sedap di Kawasan Lhong Raya Banda Aceh

Baca juga: Aduh! Kasus Covid-19 di Aceh Terus Bertambah, Pasien Positif Sudah Capai 10.653 Orang

Warga lansia di sejumlah kecamatan di Aceh Besar itu pun berharap banyak mereka bisa mendapatkan kembali zakat lansia, seperti pernah disalurkan beberapa bulan lalu sebelum bank konvensional tersebut berhenti beroperasi di Aceh.

"Ada seorang lansia warga Baroh Blangmee,Lhoong, tidak bisa mencairkan dana zakat lansia untuknya akibat di Bulan Desember 2020 lalu, tidak menariknya," sebut warga tersebut.

Menyikapi hal tersebut Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh Besar, Heru Saputra yang dikonfirmasi Serambinews.com, Minggu (25/4/2021) mengungkapkan warga lansia yang selama ini menerima penyaluran zakat jangan khawatir.

"Kami memahami kegundahan dan kekhawatiran yang dirasakan ibu dan bapak-bapak kita semua. Insya Allah jangan khawatir, karena zakat-zakat yang belum diterima itu tidak hilang dan akan disalurkan," kata Heru.

Baca juga: Kantor Keuchik Dibakar, Pelayanan Warga tak Terganggu, Camat Minta Kasus Pembakaran Diusut Tuntas

Baca juga: VIDEO - Viral Polisi Kanada Ini Azan Magrib untuk Muslim Calgary Tanda Waktu Berbuka Puasa

Menurutnya, saat ini pihaknya sedang mengupayakan melakukan pengalihan dari bank konvensional yang sebelumnya menjadi rekening penyaluran zakat akan dialihkan ke rekening bank syariat yang ada di Aceh.

"Bahkan pihak bank konvensional itu, dalam hal ini BRI Konvensional berencana menuju ke Aceh dan ingin menyelesaikan permasalahan itu semua," sebut Heru.

Menurutnya zakat lansia yang sebelumnya disalurkan melalui bank konvensional itu tidak hilang. Artinya zakat-zakat tersebut masih berada di rekening bank konvensional itu.

Baca juga: Turki Turut Berbelasungkawa Terkait KRI Nanggala-402 : Kami Merasa Kesedihan Mendalam

Baca juga: Penemuan Segepok Uang Bertebaran di Jalan Bikin Heboh, Sempat Diduga Uang Palsu, Pemiliknya Dicari

"Insya Allah tetap akan disalurkan untuk beberapa bulan zakat yang sudah tertunda sebelumnya. Bahkan zakay sudah disalurkan itu masih aman berada di rekening di bank konvensional itu. Sekarang sedang kami upayakan pengalihan ke rekening bank syariat," terang Heru.

Terhadap terhentinya bank konvensional, tempat zakat-zakat lansia itu disalurkan, menurut Heru, sudah disosialisasikan di akhir Desember 2020 lalu, melalui keuchik dan perangkat kecamatan yang warganya menerima zakat lansia dari Baitul Mal Aceh Besar, pungkas Heru.(*)

Baca juga: Bos Karet Dirampok 6 Pria Bersenjata, Sopir Ditembak, Pelaku Bawa Kabur Uang Rp 170 Juta

Baca juga: Pria 30 Tahun Bacok Pasangan Lansia, Dipicu Dendam Lama

Baca juga: Kisah Pejuangan Bocah 8 Tahun Ini Lolos dari Kobaran Api Bikin Haru, Kaki Terkilir Saat Diselamatkan

Penulis: Misran Asri
Editor: Ibrahim Aji
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved