Breaking News:

Berita Bener Meriah

Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkab Bener Meriah Bentuk Posko Perbatasan

Pemerintah Kabupaten Bener Meriah bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) direncanakan akan membuka kembali Posko.....

For Serambinews.com
Juru bicara Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid -19, Ilham Abdi SSTP MAP. 

Laporan Budi Fatria | Bener Meriah

SERAMBINEWS.COM, REDELONG- Pemerintah Kabupaten Bener Meriah bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) direncanakan akan membuka kembali Posko Perbatasan pada pintu masuk kawasan tengah Aceh.

Hal ini disampaikan Bupati Bener Meriah melalui Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bener Meriah, Ilham Abdi, usai melaksanakan rapat koordinasi terbatas Satgas Penanganan Covid-19 bersama Forkopimda, Selasa (27/4/2021) di Ruang Kerja Bupati Bener Meriah.

Ilham menjelaskan titik posko tersebut yaitu di Kecamatan Pintu Rime Gayo dan Kecamatan Permata yang merupakan pintu masuk ke kawasan tengah Aceh.

Posko direncanakan sudah efektif mulai 1 Mei 2021.

Menurutnya, Satgas sudah mempersiapkan beberapa alternatif kemungkinan untuk untuk mencegah penyebaran Covid-19 selama menjelang lebaran dan setelah lebaran.

Dalam upaya mengantisipasi pelonjakan penyebaran Covid-19, Satgas juga akan mempersiapkan tempat isolasi yang bertempat di BLK Pante Raya.

"Kita juga akan mempersiapkan kemungkinan dilakukannya rapid antigen secara random bagi pendatang di perbatasan," ungkapnya.

Kemudian, mempersiapkan Posko Desa dimana sampai dengan saat ini dari 232 Kampung di Kabupaten Bener Meriah, sudah ada 183 Posko yang sudah aktif.

"Dan kita akan terus mendorong kampung lainnya agar aktif menjalankan Posko Covid-19," sebutnya.

Dan bagi Pemerintah Kampung diwajibkan melakukan refocusing anggaran desa untuk keperluan penanganan COVID-19 ini sebagaimana telah diamanahkan oleh Menteri Dalam Negeri melalui surat Nomor 443/0619/BPD Tanggal 10 Februari 2021 Perihal Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Pelaksanaan Posko Penanganan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di tingkat Desa.

"Saat ini juga, Satgas sedang menyusun SOP untuk pedoman petugas di lapangan serta SOP untuk posko desa agar prosedur penanganan dapat dilakukan bila terjadi hal yang tidak kita inginkan," pungkas Ilham Abdi.(*)

Baca juga: Kakankemenag Aceh Timur Isi Tausiyah Soal Kualitas Ibadah, Iman dan Ilmu

Baca juga: Seorang Wanita Tewas Dalam Sumur, Ternyata Dibunuh Suami, Pelaku Ditangkap saat Bersama Istri Ketiga

Baca juga: MTsN Model Banda Aceh Laksanakan Seleksi PPDB Jalur Reguler Tahun 2021

Penulis: Budi Fatria
Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved