Breaking News:

Jadi Destinasi Wisata Favorit di Aceh Singkil; Pulau Banyak, Seberapa Banyak Jumlahnya?

Pulau Banyak di Kabupaten Aceh Singkil, terbagi dalam dua kecamatan. Pertama Kecamatan Pulau Banyak ibu kotanya Pulau Balai.

Editor: bakri
SERAMBINEWS.COM/DEDE ROSADI
Nago Resort yang merupakan bagian dari Pulau Rago-Rago di Kecamatan Pulau Banyak Barat, Aceh Singkil 

Pulau Banyak di Kabupaten Aceh Singkil, terbagi dalam dua kecamatan. Pertama Kecamatan Pulau Banyak ibu kotanya Pulau Balai. Terdiri dari Desa Pulau Balai, Pulau Baguk, dan Desa Teluk Nibung.

Kedua, Kecamatan Pulau Banyak Barat, ibu kotanya Haloban. Terdiri dari empat desa masing-masing Desa Haloban, Asantola, Suka Makmur dan Desa Ujung Sialit.

Kedua Kecamatan tersebut terdiri dari banyak pulau. Saking banyaknya, berapa persisnya jumlah pulau tersebut memiliki beragam versi.

Konon, awalnya terdiri dari 99 pulau, sesuai dengan Asmaul Husna (nama-nama baik Allah dalam Alquran). Belakangan, ada yang menyebut 68 pulau. Ada juga yang menyebut tersisa 67 pulau.

Perubahan jumlah pulau tersebut terjadi akibat fenomena alam. Semisal gempa dan tsunami, hingga menyebabkan pulau tenggelam.

Berdasarkan catatan, ada beberapa peristiwa alam yang menyebabkan gugusan pulau-pulau kecil di Pulau Banyak, hilang. Antara lain gempa tsunami 1907/1908 yang disebut warga pesisir geloro. Kemudian tsunami 2004 dan 2005. 

"Jumlah pulau di Kepulauan Banyak yang sudah ada namanya 68 pulau, tadinya 99 pulau," kata Kepala Dinas Perikanan Aceh, Saiful Umar.

Bukan hanya tenggelam, alasan lain jumlah pulau di Pulau Banyak memiliki banyak versi justru pada waktu-waktu tertentu mengalami penambahan. Setidaknya ada empat pulau baru yang muncul ke permukaan laut selama empat tahun terakhir. Warga menyebutnya baby island (bayi pulau).

Baby island paling fenomenal yang muncul di sekitar Gosong Sianje. Sekitar 35 menit naik speedboat dari Pulau Balai, ibu kota Kecamatan Pulau Banyak.

Baby island itu mulai terlihat sejak 2017 lalu berupa hamparan pasir.

Wisatawan kerap mengunjunginya untuk dijadikan tempat berswafoto ria. Apalagi pada musim tertentu, kawanan burung kerap singgah, sehingga menambah kecantikan pulau tersebut.

Setiap pulau di Kepulauan Banyak memiliki keunikan masing-masing. Ada yang menawarkan pasir putih selembut bedak, pemandangan bawah laut, lokasi surfing, serta tempat penyu langka dunia. Tak mengherankan jika investor asal Uni Emirat Arab (UEA) begitu menikmati survei ke Pulau Banyak.(dede rosadi)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved