Breaking News:

Berita Lhokseumawe

Empat Rohingya di Lhokseumawe tak Dipindahkan ke Medan Sumatera Utara, ini Sebabnya 

"Empat orang lagi tidak akan dipindahkan ke Medan. Tapi mereka akan dipindahkan ke Makassar, tempat keluarganya. Untuk waktu pemindahkan ke Makassar

Penulis: Saiful Bahri | Editor: Nurul Hayati
For Serambinews.com
Pengungsi Rohingya menjalani rapid antigen di BLK Lhokseumawe, jelang dipindahkan ke Medan. 

"Empat orang lagi tidak akan dipindahkan ke Medan. Tapi mereka akan dipindahkan ke Makassar, tempat keluarganya. Untuk waktu pemindahkan ke Makassar belum bisa dipastikan. Tapi sedang diupayakan secepatnya oleh pihak IOM dan Imigrasi," demikian Marzuki.

Laporan Saiful Bahri I Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE -  Sebanyak 51 Rohingya yang selama ini masih menempati Balai Latihan Kerja (BLK) Desa Meunasah Mee Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, akan dipindahkan ke Sumatera Utara.

Sesuai rencana, mereka akan diberangkatkan ke Sumatera Utara, pada Kamis (29/4/2021) malam nanti.

Mereka dipindahkan dengan menggunakan empat unit bus dan akan dikawal Polisi, TNI, Imigrasi, IOM, UNHCR, dan berbagai pihak terkait lainnya.

Juru bicara Satgas Penanganan Pengungsi Rohingya Lhokseumawe, Drs Marzuki MSi, Rabu (28/4/2021), menyebutkan, pemindahan  pengungsi dari Kota Lhokseumawe ke Medan atas dasar menindaklanjuti Surat Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) Republik Indonesia Nomor :  B-579/KM.00.02/2/2021 tentang Penyampaian Rekomendasi Rakor Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri di Lhokseumawe Provinsi Aceh dan Medan, Provinsi Sumatera Utara, yakni mengenai pemindahan pengungsi Rohingya dari lokasi sementara di Lhokseumawe ke Medan.

Sedangkan proses pemindahan Rohingya, dilakukan secara bertahap.

Tahap pertama, 36 rohingya telah dipindahkan  dari Lhokseumawe ke Medan, pada Kamis (25/3/2021) malam.

Jadi, lanjut Marzuki  pemindahan yang berlangsung Kamis malam ini, yakni untuk 51 Rohingya, merupakan  tahap kedua.

Dimana dari 51 Rohingya yanag dipindahkan Kamis besok malam, 32 orang nantinya akan ditempatkan di Aras Dengsi Medan dan 19 orang lainnya di Hotel Pelangi Medan.

Setelah pemindahan 51 Rohingya Kamis malam ini, maka akan tersisa empat lagi Rohingya di BLK Lhokseumawe.

"Empat orang lagi tidak akan dipindahkan ke Medan. Tapi mereka akan dipindahkan ke Makassar, tempat keluarganya. Untuk waktu pemindahkan ke Makassar belum bisa dipastikan. Tapi sedang diupayakan secepatnya oleh pihak IOM dan Imigrasi," demikian Marzuki. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved