Breaking News:

Peran Media Dalam Menangkal Disinformasi Vaksinasi di Bireuen

Setahun lebih, Indonesia berjuang menghadapi pandemi Covid- 19. Bahkan, jutaan masyarakat telah menjadi korban akibat terpapar virus Corona

FOR SERAMBINEWS.COM

* Webinar Series AJI-Google News Initiative

BIREUEN - Setahun lebih, Indonesia berjuang menghadapi pandemi Covid- 19. Bahkan, jutaan masyarakat telah menjadi korban akibat terpapar virus Corona yang menyebar cepat hingga ke seluruh penjuru dunia.

Parahnya lagi, di balik ancaman krisis kesehatan global ini, bermacam isu hoax turut berkembang pesat dan dikonsumsi publik luas. Berbagai upaya dilakukan pemerintah dalam pencegahan dan penanganan covid-19, untuk melindungi masyarakat dari wabah menular itu.

Termasuk di Provinsi Aceh yang serius menangani pandemi ini, khususnya di Bireuen sebagai salah satu kawasan transit di Bumi Serambi Mekkah. Diantara maraknya isu hoax yang terus disebarkan oleh pihak-pihak tertentu dan tak bertanggungjawab.

Menangkal berbagai isu hoax itu, AJI-Google News menggelar webinar atau diskusi tentang peran media dalam menangkal disinformasi vaksinasi di Bireuen. Ketua AJI Bireuen, Bahrul Walidin kepada Serambi mengatakan, webinar akan digelar pukul 14.00 – 16.00 WIB, Rabu (28/4/2021).

Disebutkan, webinar yang digelar melalui zoom meeting dengan Tujuan utama, kata Bahrul, menyediakan sarana bagi jurnalis dan masyarakat untuk berdiskusi mengenai berbagai perkembangan pandemi Covid-19 dan vaksinasi.

Lalu, mendorong jurnalis dan masyarakat umum untuk melek cek fakta sehingga tidak mudah termakan hoaks. Adapun pemateri dalam seminar yaitu dr Irwan A Gani selaku Kepala Dinas Kesehatan Bireuen dengan tema Fakta Covid 19 dan tantangan vaksinasi di Bireuen.

Lalu, pemateri kedua, Dr Marhamah MKomI, Dekan Fakultas Komunikasi dan Penyiaran Islam Pascasarjana IAIN Lhokseumawe dengan materi strategi komunikasi publik dalam menumbuhkan kepercayaan masyarakat menghadapi ancaman Covid-19, dan pentingnya vaksinasi untuk mengakhiri pandemi. Terakhir Iwan Bahagia, anggota AJI Bireuen/Trainer Google News Initiative dengan tema peran media mainstream dalam menangkal isu hoax vaksinasi covid-19.

Wibiner dipandu Mursyidin S Sos, peserta adalah para jurnalis dan masyarakat umum. Bahrul mengatakan, pendaftaran peserta gratis melalui http://bit. ly/DaftarWebinarAJIBireuen. Fasilitas bagi peserta berupa sertifi kat, doorprize, kegiatan webinar akan berlangsung mulai pukul 14.00- 16.00 WIB, Rabu (28/04/2021). “Mari kita berdiskusi bersama menangkal disinformasi vaksinasi di Bireuen,” ujar Bahrul.(yus)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved