Breaking News:

Berita Aceh Jaya

KKP Akan Tanam 500 Ribu Bibit Mangrove di Aceh Jaya

Kegiatan ini bertujuan untuk pemulihan ekosistem mangrove yang mengalami kerusakan sehingga memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat.

Foto kiriman warga
Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan sosialisasi Rehabilitasi tanaman manggrove kepada kelompok masyarakat di Kabupaten Aceh Jaya, yang berlangsung di Aula Dinas Kesehatan kabupaten setempat, Selasa (27/4/2021) 

Laporan Riski Bintang | Aceh Jaya

SERAMBINEWS.COM, CALANG - Dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan sosialisasi rehabilitasi tanaman manggrove kepada kelompok masyarakat di Kabupaten Aceh Jaya, yang berlangsung di Aula Dinas Kesehatan kabupaten setempat, Selasa (27/4/2021)

Koordinator Restorasi, Pengelolaan Ekosistem Laut dan Pesisir Direktorat Pendayagunaan Pesisir dan Pulau Kecil KKP, Heri Gunawan Daulay mengatakan

Kegiatan tersebut bertujuan untuk pemulihan ekosistem mangrove yang mengalami kerusakan sehingga memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat.

Heri menyebut, sejak tahun 2020 sampai 2021, pemerintah mencanangkan progam PEN dengan mengedapankan pola padat karya yaitu menciptakan lapangan kerja dengan melakukan rehabilitasi dan restorasi tanaman manggrove wilayah kabupaten Aceh Jaya.

"Tahun lalu telah dilakukan beberapa rehabilitasi di kawasan ekowisata mangrove Gampong Baro, salah satunya pembuatan tracking Ekowisata manggrove," kata Heri Gunawan.

Selain itu, lanjutnya, pembibitan manggrove sekitar 500 ribu dan melakukan penanaman sekitar 35 hektare tanaman manggrove di wilayah kabupaten Aceh Jaya.

Baca juga: Bacaan Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri dan Keluarga, Cara Membayar Zakat Fitrah dan Besarannya

Baca juga: VIDEO Ekspresi Bahagia Sang Ibu saat Dibelikan Baju Lebaran oleh Anaknya, Warganet Ingat Orang Tua

Baca juga: Bikin Habis Energi, Politisi PNA Minta Partai Pengusung Lupakan Pemilihan Cawagub untuk Nova

Baca juga: Akan Ditutup Besok, Ini Jumlah Peserta Sekolah Kedinasan dan 10 Sekolah dengan Pendaftar Terbanyak

"Mudah-mudahan program dengan menggunakan pola padat karya bisa mensejahterakan masyarakat," ujarnya.

Tahun ini, kata Heri, penanaman mangrove di Aceh Jaya sekitar 2 hektare tersebar di dua kecamatan, yaitu kecamatan setia bakti dan Indra Jaya.

"Tujuannya untuk mengupayakan lahan kritis menjadi lahan tajuk dengan kerapatan 75 sampai 85 persen," sambungannya.

Ia menambahkan, provinsi Aceh memiliki lahan tanaman manggrove sekitar 33000 hektare yang tersebar di 33 kabupaten dan kota 

"Itu terdiri lahan yang layak di rehab dan lahan tidak layak di rehab karena sudah di okupasi oleh aktivitas pembangunan masyarakat seperti lahan pertanian dan tambak," jelasnya.(*)

Penulis: Riski Bintang
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved