Breaking News:

Perbanyak Memohon Ampun di Bulan Ramadhan

Memasuki tahapan bagian kedua Ramadhan, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Farid Nyak Umar mengingatkan

FOTO HUMAS DPRK BANDA ACEH
Farid Nyak Umar 

BANDA ACEH - Memasuki tahapan bagian kedua Ramadhan, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Farid Nyak Umar mengingatkan masyarakat agar memperbanyak memohon ampun di bulan Ramadhan.

“Periode kedua Ramadhan, Allah menurunkan magfi rah karenanya sangat dianjurkan pada kita untuk memperbanyak istighfar,” kata Farid saat mengisi ceramah sekaligus imam shalat tarawih di Meunasah Malahayati Gampong Peuniti, Senin (26/4/2021).

Ia juga mengatakan sebaik- baiknya manusia adalah manusia yang senang beristighfar. Dalam konteks ibadah, dijelaskannya sebagaimana dalam Al-Qur’an Surat Nuh ayat 10-12, “Maka mohon ampunlah kepada Tuhanmu, karena sesungguhnya Allah Maha Pengampun”.

Sebab dengan istighfar Allah akan memberikan solusi terkait berbagai persoalan lingkungan hidup, beban hidup serta teman hidup. Lebih lanjut Farid juga menjelaskan keutamaan orang-orang yang beristigfar.

Ada empat keutamaan orang yang beristighfar, pertama Allah akan memuji orang tersebut. kedua, Akan didoakan oleh malaikat. Ketiga, merupakan amalan syiar nabi dan rasul. Dan yang terakhir Allah akan mengabulkan semua doadoa orang yang beristighfar.

“Lalu apa untungnya bagi kita ketika Allah memuji kita? Niscaya kita akan mendapatkan ketenangan dan kesuksesan,” tambahnya. Sebagai contoh, Ia juga mengisahkan sebuah kisah tentang Imam Ahmad bin Hambal yang bertemu dengan seorang pembuat roti yang senang beristigfar.

Sepanjang ia bekerja membuat roti lidahnya basah beristighfar. Imam Ahmad menanyakan kepada orang tersebut, sudah berapa lama anda mengamalkan istighfar. Lalu orang tersebut menjawab sudah 30 tahun.

Sehingga Imam Ahmad bertanya lagi. Apa manfaat yang kamu peroleh. Orang tersebut menjawab lagi dengan amalan ini Allah mengabulkan doa saya. Lalu masih adakah doa yang belum dikabulkan Allah. Satu doa lagi, saya berjumpa ulama besar Imam Ahmad bin Hambal. Imam Ahmad kemudian tertegun dan langsung menjawab, saya lah Imam Ahmad bin Hambal.

“Dari cerita itu kita bisa melihat bagaimana Allah langsung mengabulkan doa-doa orang yang beristighfar,” ujarnya. Maka kata Farid di bulan Ramadhan yang penuh rahmad ini banyaklah kita beristighfar.(mas)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved