Breaking News:

Ramadhan 2021

Prof Syahrizal Abbas : Allah Berdialog Terkait Kebiasaan Manusia

Khutbah shalat Jumat di Masjid Haji Keuchik Leumiek hari ini, Jumat (30/4/2021) diisi oleh Prof Dr Syahrizal Abbas MA.

SERAMBINEWS.COM/SYAMSUL AZMAN
Khutbah shalat Jumat di Masjid Haji Keuchik Leumiek hari ini, Jumat (30/4/2021) diisi oleh Prof Dr Syahrizal Abbas, MA. 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Khutbah shalat Jumat di Masjid Haji Keuchik Leumiek hari ini, Jumat (30/4/2021) diisi oleh Prof Dr Syahrizal Abbas MA.

Di atas mimbar, Prof Syahrizal mengutarakan topik terkait berniaga atau berdagang sebagai salah satu cara mendapatkan rezeki yang halal.

Prof Syahrizal juga menceritakan, bahwa berniaga telah terjadi sejak zaman-zaman Nabi dan Rasul terdahulu.

"Allah dialog dgn hamba terkait dgn kebiasaan manusia di dunia yakni berdagang. Sebagaimana sejarah para Nabi dan Rasul juga tidak lepas dari berniaga atau berdagang, karena berdagang menghasilkan rezeki halal dan baik," ucap guru besar di mimbar Masjid HKL.

Namun, meskipun telah diperlihatkan dan banyak contoh-contoh dari zaman para Anbiya, Prof Abbas menyayangkan masih adanya yang berbuat curang seperti tindakan riba dan sebagainya.

 

Baca juga: Doa Hari ke-13 Ramadhan 2021 Hingga Hari ke-30 Ramadhan 1442 H, Dibaca Usai Sholat Fardhu

Tindakan Riba

Karena masih adanya tindakan manusia yang tidak jujur dalam berniaga, Prof Abbas menjelaskan Allah SWT berdialog dengan manusia terkait kebiasaan dalam hidup.

Sebutnya, Allah SWT menawarkan satu bentuk perniagaan yang keuntungannya bukan hanya di dunia, bahkan keuntungannya sampai di akhirat kelak.

"Dengan berdagang sebagai cara mendapatkan kehidupan lebih baik dan rezeki halal. Namun, ada sebagian berbuat curang dengan melakukan tindakan riba dan sebagainya," katanya.

"Allah menawarkan berdagang dengan Allah SWT. Yakni Allah tawarkan satu bentuk perniagaan, yakni berdagang dengan patuh dan tunduk kepada Allah, berdagang model begini akan mendapatkan keuntungan bukan hanya di dunia, bahkan keuntungan di akhirat juga akan didapatkan." terangnya.

Baca juga: VIDEO - Suasana Malam Pertama Ramadhan 2021 di Sejumlah Negara Masih dengan Pembatasan

Halaman
12
Penulis: Syamsul Azman
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved