Breaking News:

DJPb Aceh Mulai Cairkan THR, Bagi ASN dan Pensiunan

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil DJPb) Aceh mulai mencairkan tunjangan hari raya (THR) untuk ASN pemerintah pusat

For Serambinews.com
Kepala Kantor Wilayah Direktorat Perbendaharaan Negara (Kakanwil Djpb) Aceh, Syafriadi. 

BANDA ACEH - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil DJPb) Aceh mulai mencairkan tunjangan hari raya (THR) untuk ASN pemerintah pusat, pemerintah daerah, hingga pensiunan. DJPb mulai menerima berkas pencairan sejak 28 April 2021.

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Aceh, Syafriadi mengatakan, setelah terbitnya PP Nomor 63 Tahun 2021 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 42/PMK.05/2021. Pemerintah akan memberikan Tunjangan Hari Raya (THR). THR tersebut diberikan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan sebagai wujud penghargaan dan apresiasi atas pengabdian mereka dalam mencapai tujuan pembangunan nasional.

Ditambahkan Syafriadi, pemberian THR ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan konsumsi rumah tangga. Serta upaya mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional yang terdampak Covid-19. 

Dikatakan, pemerintah menganggarkan Rp 30,6 triliun pada 2021 untuk membayarkan THR kepada para ASN dan TNI/Polri, baik di instansi pusat maupun daerah. Rinciannya, Rp 15,8 triliun akan dibelanjakan untuk THR ASN di tingkat pusat, dan sisanya sebesar Rp 14,8 triliun untuk ASN di daerah. Dana untuk keperluan pembayaran THR ASN Pusat sudah teralokasikan dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) masing-masing satuan kerja. Sementara pencairan THR ASN Pemda masih membutuhkan Peraturan Kepala Daerah.

Syafriadi mengatakan, dasar pemberian THR adalah gaji yang dibayarkan pada April 2021, dengan rincian sebesar gaji pokok ditambah tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum. Kepada Pensiunan dan penerima pensiun diberikan pensiun pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tunjangan penghasilan.

Dia menegaskan, pemberian THR 2021 tidak dikenakan potongan iuran berdasarkan peraturan perundang-undangan. Pencairan THR ASN Pusat bisa diajukan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan (KPPN) dari tanggal 28 April.

Selanjutnya dalam rangka percepatan pencairan THR, diharapkan para Kepala Satuan Kerja Pemerintah Pusat, Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA) dan Satuan Kerja Pemerintah Kab/Kota (SKPK) segera mengajukan SPM nya ke KPPN atau Badan Keuangan beserta dokumen-dokumen lain yang diperlukan. “Semakin cepat Pengajuan SPM dari Satuan Kerja akan semakin cepat pula THR diterima,”  ujar Syafriadi.

Pencairan THR ditargetkan dilakukan paling cepat 10 Hari Kerja sebelum Hari Raya. Proses pencairan dilakukan dengan pengajuan Surat Perintah Membayar (SPM) dari Satuan Kerja ke KPPN untuk ASN Pemerintah Pusat. Sementara ASN Pemerintah Daerah diajukan melalui Badan Keuangan masing-masing. “Diharapkan para ASN dapat mempergunakan THR untuk membiayai kebutuhan Hari Raya meskipun terdapat larangan mudik dari pemerintah,” ujar Kakanwil DJPb Aceh ini.

Kepala Kanwil DJPb Aceh, Syafriadi mengharapkan THR ASN Pusat maupun Daerah dapat dibayarkan secepatnya. Sehingga dapat meningkatkan daya beli masyarakat, guna mewujudkan pemulihan ekonomi pada masa pandemi. Serta mendukung pencapaian  pertumbuhan ekonomi Indonesia yang pada 2021 ditargetkan akan tumbuh positif pada kisaran 4,5 sampai dengan 5,3 persen.

Dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia, Pemerintah sudah melakukan berbagai upaya melalui Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Program PEN tahun 2021 dialokasikan sebesar Rp 699,43 triliun yang dialokasikan ke dalam 5 kluster, yaitu Kesehatan (Rp 175,52 T), Perlindungan Sosial (Rp 150,88 T), Program Prioritas (Rp 25,17 T), Dukungan UMKM dan Korporasi (Rp 191,13 T) dan  Insentif Usaha (Rp 56,72 T). Jika dilihat dari tujuan utama Program PEN adalah dalam rangka meningkatkan daya beli masyarakat.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved