Breaking News:

Dukung Usulan Teuku Hamid Azwar sebagai Pahlawan, Koalisi NGO HAM Sebut Ini Bagian Pelurusan Sejarah

Jasa masyarakat Aceh tidak hanya dalam bentuk perjuangan fisik, tetapi juga dalam bentuk harta. Karena itulah kemudian Aceh disebut daerah modal

Serambinews.com
Direktur Koalisi NGO HAM Aceh, Zulfikar Muhammad, mendukung pengusulan Teuku Abdul Hamid Azwar sebagai Pahlawan Nasional. 

Dukung Usulan Teuku Hamid Azwar sebagai Pahlawan, Koalisi NGO HAM Sebut Ini Bagian Pelurusan Sejarah

Laporan Yocerizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Koalisi NGO HAM Aceh mendukung pengusulan Letkol TNI (Purn) Teuku Abdul Hamid Azwar sebagai pahlawan nasional dari Aceh.

Dukungan tersebut diberikan mengingat besarnya peran Teuku Abdul Hamid sebagai seorang pejuang, dan juga sebagai seorang saudagar yang menyumbangkan hartanya untuk Indonesia.

Apalagi, sejauh ini masih sangat sedikit tokoh-tokoh pejuang dari Aceh yang mendapat penghargaan sebagai pahlawan nasional, yakni sekitar delapan orang.

Padahal Aceh memiliki peran besar, tidak hanya dalam perjuangan kemerdekaan, tetapi juga dalam hal pendirian Republik ini.

“Pak Jokowi selalu menyebut Aceh daerah yang memiliki potensi yang sangat penting bagi kemajuan Indonesia, bahkan secara historis itu dibuktikan rakyat Aceh dalam perjuangan kemerdekaan,” kata Direktur Koalisi NGO HAM Aceh, Zulfikar Muhammad, kepada Serambinews.com, Senin (3/5/2021).

Jasa masyarakat Aceh, lanjut Zulfikar, tidak hanya dalam bentuk perjuangan fisik, tetapi juga perjuangan dalam bentuk harta. Karena itulah kemudian Aceh disebut sebagai daerah modal.

Baca juga: Teuku Hamid Azwar Diusul jadi Pahlawan: Ampon Samalanga Penyumbang Pesawat dan Kapal untuk Republik

Baca juga: Kisah ‘The Black Speed Boat’, Kapal Laut Sumbangan Saudagar Aceh yang Melegenda di Selat Malaka

Baca juga: Tiga Kabupaten/Kota Usul Teuku Hamid Azwar Jadi Pahlawan Nasional, Ini Jasa-jasanya untuk Indonesia

“Karena besarnya jasa Aceh itu, makanya Aceh disebut sebagai daerah modal,” tambahnya.

Perjuangan fisik dan harta yang dilakukan oleh Teuku Abdul Hamid Azwar menurut Zulfikar, semakin membuktikan bahwa Aceh memang benar-benar daerah modal.

Halaman
1234
Penulis: Yocerizal
Editor: Yocerizal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved