Breaking News:

Pemudik Lokal Akan Dites Antigen Gratis

Petugas gabungan akan melakukan tes antigen gratis bagi pemudik lokal yang akan melakukan perjalanan antar kabupaten/kota

SERAMBI/HENDRI
Suasana keberangkatan calon penumpang bis umum di terminal Batoh, Banda Aceh, Minggu (2/5/2021). 

* Petugas Lakukan Pemeriksaan Acak di Terminal

* DPRA Ingatkan Perlunya Sosialisasi

BANDA ACEH - Petugas gabungan akan melakukan tes antigen gratis bagi pemudik lokal yang akan melakukan perjalanan antar kabupaten/kota di Aceh, terhitung mulai 3-17 Mei 2021. Tes antigen gratis ini akan dilakukan secara acak bagi para penumpang di masing-masing terminal, dan akan dimulai di Terminal Batoh, Banda Aceh, pada Senin (3/5/2021) malam ini.

Hal itu disampaikan Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Dikcy Sondani, sebagai tindak lanjut dari apa yang disampaikannya pada Minggu (2/5/2021) pagi kemarin, tentang kewajiban membawa surat antigen bagi masyarakat yang ingin mudik ke luar kota.

Malam tadi, Kombes Dicky menjelaskan kembali bahwa ketentuan itu ternyata itu hanya berlaku kepada masyarakat yang bepergian dengan angkutan umum,  tidak untuk mobil pribadi. Itu pun, pemeriksaannya dilakukan secara gratis di terminal-terminal. "Masyarakat tidak perlu khawatir, nanti pengecekan tes antigen akan diberikan secara gratis," terang Kombes Dicky.

Pengecekan gratis itu akan dimulai pada Senin (3/5/2021) hari ini. Dicky mengatakan, dirinya malam ini bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Aceh akan meninjau langsung pengecekan antigen terhadap penumpang di Terminal Lueng Bata, Banda Aceh. "Pengecekan antigen gratis ini akan dilakukan secara acak sesuai kondisi daerah yang paling rawan penyebaran virus Covid 19," tuturnya.

Dengan adanya pengecekan gratis, masyarakat lanjut Dicky, tetap bisa melakukan perjalanan antarkabupaten, namun harus tetap menerapkan protokol kesehatan. "Naik kendaraan wajib pakai masker. Untuk angkutan umum tetap jaga jarak," tegasnya.

"Apabila kurang sehat badan, segera lapor ke satgas Covid-19 yang ada di daerah, sehingga bisa dicek apakah terpapar covid atau tidak," imbuh Dicky lagi.

Dirlantas Polda Aceh menjelaskan, pelaksanaan tes antigen secara gratis di terminal-terminal itu dilakukan dengan mempedomani aturan Pemerintah Pusat berdasarkan Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 dan adendumnya.

                                                                                                Edukasi dan sosialisasi

Halaman
12
Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved