Breaking News:

Indonesia Terancam Turun Jadi Negara Berpendapatan Menengah ke Bawah Akibat Covid-19

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa terang-terangan menyebut Indonesia terancam turun jadi negara berpendapatan menengah ke bawah akit covid

Editor: Muhammad Hadi
(shutterstock.com)
Ilustrasi resesi 

Indonesia Terancam Turun Jadi Negara Berpendapatan Menengah ke Bawah Akibat Covid-19

SERAMBINEWS.COM - Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa terang-terangan menyebut Indonesia terancam turun lagi menjadi negara berpendapatan menengah ke bawah akibat Covid-19.

Padahal sebelumnya, Indonesia sudah mampu menyabet kategori negara berpendapatan menengah ke atas (upper middle income) pada tahun 2019.

Sayangnya, akibat pandemi, pertahanan itu harus pupus.

Baca juga: Tenaga Honorer Tidak Dapat THR Lebaran, Ini Alasan Pemerintah

"Kontraksi ekonomi yang dialami pada tahun 2020 memberi risiko bagi indonesia untuk masuk ke dalam kategori lower middle income," kata Suharso dalam pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrembangnas) Tahun 2021, Selasa (4/4/2021).

Sebelum pandemi Covid-19, pemerintah sudah menyusun strategi agar Indonesia mampu terlepas dari jeratan negara berpendapatan kelas menengah.

Dalam RPJMN, strategi itu mampu mengantar Indonesia keluar dari negara berpendapatan menengah pada tahun 2036 dan diperkirakan menjadi negara maju pada tahun 2045.

Baca juga: Unjuk Rasa Hardiknas di Kemendikbud, Mahasiswa dan Buruh Ditangkap dan Jadi Tersangka

"Di mana kita berasumsi Indonesia akan mampu keluar dari middle income country tahun 2036, jika ekonomi bisa tumbuh rata-rata 5,7 persen per tahun dan PDB per kapita 5 persen," ucap Suharso.

Karena pandemi sudah terjadi, pihaknya lantas segera melakukan penyesuaian dalam rencana pembangunan negara, termasuk melakukan desain ulang terhadap strategi transformasi ekonomi Indonesia.

Bappenas telah menyiapkan 6 strategi besar dalam mendesain ulang transformasi pasca pandemi Covid-19, yang menggunakan tujuan pembangunan berkelanjutan sebagai instrumen utama.

Keenam strategi ini menjadi game changer untuk menuju Indonesia maju sebelum tahun 2045.

Baca juga: Marah Dicap Teroris, KKB Ancam Habisi Militer dan Suku Jawa di Papua, TNI/Polri Siap Jaga Warga

Sementara saat ini, Bappenas telah menyelesaikan rencana peta jalan transformasi ekonomi Indonesia yang diharapkan selesai dalam waktu dekat

"Kita perlu bekerja keras, bekerja cerdas, dan segera melakukan penyesuaian. Transformasi ekonomi nantinya dilakukan oleh dua strategi utama, yaitu mengubah struktur perekonomian dari lower productivity to higher productivity sectors, dan meningkatkan prioritas masing-masing sektor," pungkas Suharso.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gara-gara Pandemi, Indonesia Terancam Balik Jadi Negara Low Middle Income",

Baca juga: Miliarder Bill Gates dan Melinda Bercerai, 27 Tahun Usia Pernikahan Berakhir Dengan Perpisahan

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved