Breaking News:

Dana Pembebasan 9 Bidang Tanah Dititip ke Pengadilan

Kasatker pembebasan tanah jalan tol Sigli-Banda Aceh, Alfisyah ST MT mengatakan, pelaksanaan pembangunan jalan tol

SERAMBINEWS.COM/MUHAMMAD NAZAR
Warga melintas dengan sepeda motor di proyek jalan tol wilayah Gampong Paloh Cut, Kecamatan Padang Tiji, Pidie, Jumat (1/1/2021). 

BANDA ACEH - Kasatker pembebasan tanah jalan tol Sigli-Banda Aceh, Alfisyah ST MT mengatakan, pelaksanaan pembangunan jalan tol di lintasan Kecamatan Kuta Baro akan kembali lancar, karena ada 9 bidang tanah yang diajukan untuk konsinyasi atau penitipan dananya di Pengadilan Negeri Kota Jantho sudah ada putusan.

"Jika 9 bidang tanah permohonan penitipan uangnya dipenuhi hakim, sisanya ada 40 bidang lagi, kita berharap PN Jantho juga mengabulkannya, sehingga pelaksanaan pembangunan fisik badan jalan tol di kecamatan itu bisa dilanjutkan kembali," ujar Alfisayah kepada Serambi, Selasa (4/5/2021) di Banda Aceh.

Alfisyah mengakui, dari 6 seksi pembangunan jalan tol Sigli-Banda Aceh sepanjang 74 km, ada dua seksi yang pembebasan tanahnya kurang berjalan lancar, yaitu seksi V, Kecamatan Kuta Baro, Aceh Besar, dan Seksi I Kecamatan Padang Tiji, Pidie.

Untuk seksi V, dari 482 bidang tanah yang mau dibebaskan, yang sudah dibayar 396 bidang atau baru 77 persen. Sehingga pembangunan ruas jalan badan tol di Kecamatan tersebut sedikit terhambat.

Sedangkan untuk seksi II Seulimum-Jantho, tanah yang dibebaskan mencapai 98,10 persen. Seksi III Jantho-Indrapuri sudah 99,24 persen ruas jalan tol beroperasi. Seksi IV Indrapuri-Blang Bintang, tanah yang sudah dibebaskan 99,43 persen, dan ruas jalan tolnya sudah beroperasi. Seksi VI  Kutabaro-Darussalam, tanah yang sudah dibebaskan 96,54 persen, ruas jalan tolnya belum beroperasi.

Untuk percepatan pelaksanaan pembebasan tanah pada seksi I dan V tersebut, kata Alfisyah, pihaknya bersama Kanwil BPN Aceh dan BPN Aceh Besar dan Pidie, terus melakukan koordinasi dan melakukan pendekatan dan berbagai upaya agar pelaksanaan pembebasan tanahnya bisa terus bertambah.

Untuk ruas jalan seksi II dan III, badan jalan yang tersambung sudah sampai Kecamatan Lembah Seulawah. “Kita harapkan jika pelaksanaan pembebasan tanah pada seksi I Padang Tiji bisa berjalan lancar selepas lebaran Idhul Fitri ini, kegiatan pembangunan jalannya ke seksi I bisa lebih dipacu lagi,” katanya.(her)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved