Breaking News:

Internasional

Sekjen Liga Muslim Dunia Sampaikan Pidato di Depan Pengamat Pertahanan AS Tentang Ekstremisme

Sekjen Liga Muslim Dunia (MWL), Mohammed Al-Issa menyampaikan pidato di depan sekelompok pengamat pertahanan AS terkemuka

Foto: Saudi Press Agency
Sekjen Liga Muslim Dunia (MWL), Mohammed Al-Issa 

SERAMBINEWS.COM, JEDDAH - Sekjen Liga Muslim Dunia (MWL), Mohammed Al-Issa menyampaikan pidato di depan sekelompok pengamat pertahanan AS terkemuka

Dia mengatakan memenangkan perang gagasan sama pentingnya dengan konfrontasi militer dalam mengatasi ekstremisme di seluruh dunia.

Al-Issa, yang juga ketua Asosiasi Cendekiawan Muslim, diundang oleh Pusat Kajian Strategis Asia Tenggara (NESA) dari Departemen Pertahanan AS untuk menyampaikan ceramah kepada para eksekutif senior.

Tentang organisasi ekstremis dan penggunaan pesan yang ditargetkan melalui platform online, seperti dilansir ArabNews, Selasa (4/5/2021).

Baca juga: Arab Saudi Akan Bangun Masjid Raja Salman di Universitas Islam Internasional di Pakistan

Sekjen MWL itu mengatakan internet telah menjadi alat utama bagi teroris untuk menyebarkan ideologi mereka, memangsa yang rentan sekaligus mengurangi pengeluaran mereka.

Organisasi seperti Daesh (ISIS) sangat bergantung pada dunia virtual untuk mempromosikan ide-ide mereka, dan penggunaan kontra-ide penting untuk memberantas ancaman ekstremis, katanya.

Dalam kuliahnya, Al-Issa mengatakan penting untuk memahami hakikat ekstremisme, istilah yang bergantung pada konteks.

“Dalam Islam, ekstremisme sering mengacu pada adopsi ide-ide kaku yang menghasut kekerasan atau terorisme, atau menciptakan inkubator intelektual untuk kekerasan atau terorisme," katanya.

"Di luar konteks Islam, khususnya di Barat, istilah ini sering dipahami sebagai opini sayap kanan, ”ujarnya.

Sebagian besar pejuang Al-Qaeda dan Daesh didorong oleh sentimen agama lebih dari pemikiran ekstremis agama karena banyak yang tidak tertarik pada pengetahuan yang dimiliki Islam, kata Al-Issa.

Halaman
12
Editor: M Nur Pakar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved