Breaking News:

Video

VIDEO Peralihan BRI ke Syariah Menuai Sejumlah Persoalan, Pencairan PIP Tidak Bisa di BSI

Salah satunya pencairan Program Indonesia Pintar tak bisa di cairkan di Bank Syariah Indonesia karena dana tersebut melalui Bank BRI konvensional.

Peralihan BRI Konvensional ke Syariah Menuai Sejumlah Persoalan, Pencairan PIP Tidak Bisa di BSI

Laporan : Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Paska pamitnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) dari Aceh, BRI menutup seluruh operasional yang tersebar di seluruh Aceh.

Kebijakan ini di lakukan dalam rangka menindak lanjuti penerapan Qanun lembaga keuangan Syariah Nomor 11 tahun 2018, dimana seluruh lembaga jasa keuangan di Aceh wajib menganut prinsip Syariah.

Peralihan BRI konvensional ke Syariah ini menuai sejumlah persoalan.

Salah satunya pencairan Program Indonesia Pintar (PIP) tidak bisa di cairkan di Bank Syariah Indonesia (BSI) karena dana tersebut melalui Bank BRI konvensional.

Orang tua murid yang menerima kartu indonesia pintar (KIP) diwajibkan untuk mengambil bantuan tersebut ke Bank BRI terdekat di wilayah Sumatra Utara.

Sedangkan bantuan pendidikan dari (KIP) tingkat SD hanya RP 450 ribu dan SMP Rp 750 ribu.

Pasalnya, saat ini dana apa saja maupun dari bantuan pemerintah yang masuk ke rekening BRI konvensional pengurusannya tidak bisa melalui Bank Syariah Indonesia.

Terkait dengan persoalan itu, Maneger Bank Syariat Indonesia Cabang Tapaktuan, Mukhlis Ilyas mengatakan, untuk penerima bantuan KIP yang belum menerima kartu ATM diwajibkan untuk mengambil di wilayah Medan.

Ia meminta masyarakat agar bersabar dalam masa transisi tersebut.

Untuk mempermudah, pihaknya akan mengarahkan hanya perwakilan dari pihak sekolah yang mendatangi BRI, bukan orang tua murid.

Narator: Ardiansyah
Video Editor: Hari Mahardhika

Penulis: Taufik Zass
Editor: Hari Mahardhika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved