Breaking News:

Advetorial

Bank Aceh Syariah Serahkan Zakat Karyawan Rp 12 Miliar ke Baitul Mal

PT Bank Aceh Syariah melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) bank tersebut sudah mengumpulkan zakat karyawan dari 26 cabang di Aceh

DOK BANK ACEH SYARIAH
Dirut Bank Aceh Syariah, Haizir Sulaiman (empat kiri) menyerahkan zakat karyawan bank tersebut kepada Ketua Baitul Mal Aceh, Prof Dr Nazaruddin AW MA, di Kantor Pusat Bank Aceh Syariah, Banda Aceh, Rabu (5/5/2021). 

* Dikumpulkan dari 26 Kantor Cabang

“Tahun lalu, ke Baitul Mal Aceh kita serahkan Rp 500 juta, dan Baitul Mal Banda Aceh Rp 300 juta. Alhamdulillah, tahun ini meningkat jumlahnya. Harapan kita bersama, zakat ini dapat membantu masyarakat yang membutuhkan,” harap Haizir.

PT Bank Aceh Syariah melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) bank tersebut sudah mengumpulkan zakat karyawan dari 26 cabang di Aceh sebesar Rp 12.294.863.415. Zakat yang dikumpulkan dari gaji karyawan selama setahun terakhir itu diserahkan ke baitul mal kabupaten/kota setempat. Khusus untuk wilayah kerja Banda Aceh, zakat karyawan Bank Aceh Syariah Kantor Pusat, Kantor Pusat Operasional (KPO), dan Kantor Cabang Banda Aceh terkumpul sebesar Rp 1.106.300.000.

Penyerahan secara simbolis zakat karyawan Bank Aceh Syariah sebesar Rp 700 juta ke baitul mal dilakukan oleh Direktur Utama (Dirut) Bank Aceh Syariah, Haizir Sulaiman, kepada Ketua Baitul Mal Aceh, Prof Dr Nazaruddin AW MA, di Kantor Pusat Bank Aceh Syariah, Banda Aceh, Rabu (5/5/2021). Turut hadir, Direktur Operasional Bank Aceh Syariah, Lazuardi, Direktur Dana dan Jasa, Amal Hasan, Direktur Bisnis, Bob Rinaldi, Direktur Kepatuhan, Yusmaldiansyah, dan para pemimpin divisi.

Pada kesempatan yang sama, Dirut Bank Aceh Syariah juga menyerahkan secara simbolis zakat karyawan bank tersebut senilai Rp 406.300.000 kepada Ketua Baitul Mal Banda Aceh yang diwakili Dra Aisyah M Ali.

Haizir menjelaskan, zakat yang diserahkan ke Baitul Mal Aceh dan Baitul Mal Banda Aceh itu merupakan zakat karyawan Kantor Pusat, KPO, dan Kantor Cabang yang beroperasi di Banda Aceh.

Menurutnya, jumlah zakat yang diserahkan ke Baitul Mal Aceh dan Baitul Mal Banda Aceh itu meningkat dibanding tahun lalu. “Tahun lalu, ke Baitul Mal Aceh kita serahkan Rp 500 juta, dan Baitul Mal Banda Aceh Rp 300 juta. Alhamdulillah, tahun ini meningkat jumlahnya. Harapan kita bersama, zakat ini dapat membantu masyarakat yang membutuhkan,” harap Haizir.

Pada bagian lain, Haizir menyampaikan, Bank Aceh Syariah akan terus meningkatkan layanannya kepada masyarakat. Nasabah yang ingin menyetorkan zakat tidak perlu lagi secara cash, tapi cukup melalui via mobile banking Bank Aceh, Action, anjungan tunai mandiri (ATM), atau produk-produk lain dari Bank Aceh Syariah.

“Fasilitas dari Bank Aceh Syariah akan terus kita tingkatkan untuk memudahkan masyarakat dalam membayar zakat. Kalau ini terwujud, mudah-mudahan keberkahan itu akan mengalir terus kepada kita,” pungkas Haizir Sulaiman.

Ketua Baitul Mal Aceh, Prof Dr Nazaruddin, dalam sambutannya mengatakan, saat ini sesuai dengan Keputusan Dewan Pertimbangan Syariah, nisab zakat penghasilan (profesi) naik dari Rp 5.500.000 menjadi Rp 6.900.000. Hal tersebut, menurut Prof Nazaruddin, berpotensi menurunnya muzakki zakat pada tahun berjalan.

“Untuk mengantisipasi hal tersebut, BMA kini sedang giat-giatnya melakukan sosialisasi zakat ke berbagai lembaga vertikal serta pengusaha-pengusaha di Aceh dan luar Aceh. Kita juga berharap zakat sebagai pengurang pajak dapat segera diterapkan di Aceh,” harapnya.

Pada tahun ini, tambah Prof Nazaruddin, Baitul Mal Aceh akan menyalurkan zakat sekitar Rp 122 miliar. “Saat ini, kita sedang menyantuni sekitar 31 ribu lebih mustahik tetap melalui beberapa program. Di antaranya, pemberian santunan bulanan kepada fakir uzur, beasiswa se-Aceh, bantuan insidentil dan program-program lainnya. Dengan demikian, perolehan zakat akan memengaruhi keberlangsungan program-program tersebut,” pungkas Prof Nazaruddin. (*)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved